Saturday , 30 May 2020
Home » Budaya » Puluhan Tenaga Ahli Cagar Budaya Dapat Sertifikat

Puluhan Tenaga Ahli Cagar Budaya Dapat Sertifikat

JABARTODAY.COM – BANDUNG Sebanyak 54 orang tim ahli cagar budaya (TACB) dari 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat mendapat sertifikat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.

Tim ahli cagar budaya bersertifikat ini nantinya akan mengawasi dan melakukan pengkajian, pendataan, serta sertifikasi benda cagar budaya yang ada di Jabar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik didampingi Kabid Kebudayaan Febiyani, menyerahkan langsung sertifikat kepada tim ahli cagar budaya, di kantor Disparbud Jabar, Kamis (30/1).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, saat ini Jawa Barat masih kekurangan  tenaga ahli cagar budaya.

“Program TACB itu ada 100 orang lebih, yang lolos 54 orang. Harus punya potensi, minimal setiap Kabupaten Kota itu lima sampai enam orang,” ucapnya.

Dedi juga mengatakan, sertifikasi tim ahli cagar budaya berlaku hingga tiga tahun. Ditahun ketiga, para tim ahli cagar budaya yang sudah bersertifikat, harus mengikuti uji kompetensi kembali.

“Ini baru pertama kali di Jawa Barat. Mudah-mudahan bisa berlanjut, karena jangka waktunya pertiga tahun ya,” cetus Dedi.

Dedi juga meminta tim ahli cagar budaya agar langsung terjun ke lapangan, untuk melakukan pengkajian cagar-cagar budaya yang berpotensi menjadi wisata, seperti kota tua Cirebon.

“Seperti di Cirebon ada kota tua. Nah itu dilihat jenis arsitekturnya seperti apa, pembuatannya sejak kapan. Mereka yang akan mengkaji,” terang dia.

Dedi menambahkan, sertifikasi tim cagar budaya Jabar merrupakan upaya akselerasi Pemprov Jabar agar kabupaten-kota dapat segera melakukan penetapan cagar budaya di wilayahnya. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya peningkatan Indeks Pemajuan Kebudayaan (IPK).

Sertifikasi dilakukan oleh Disparbud Jabar bekerja sama dengan Kemendikbud RI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Pusat bertempat di Balai Pelatihan Sumber Daya Manusia (BPSDM).

Sementara pada kesempatan yang sama, tim ahli cagar budaya Jawa Barat, Ismet Belgawan bersama  Lutfi Youndri, menyambut baik adanya sertifikasi bagi para tenaga ahli cagar budaya.

“Memberikan pernyataan dengan sertifikat ini kompetensi. Pentingnya, jadi terukur oleh publik,” pungkasnya. (*)

Baca Juga:  Disparbud Jabar Gelar Riksa Budaya Someah