Resmi Digelar, Connecti:City 2022 Jadi Momen Kebangkitan Ekonomi Kreatif Pasca Pandemi

Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat pembukaan Connecti:City 2022, di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Senin (14/3/2022). (jabartoday/avila dwiputra)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Jelang penyelenggaraan G20, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat serta Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (KREASI) Jawa Barat menggelar side event bertajuk Connecti:City 2022.

Acara digelar dua hari di Gedung Merdeka, Kota Bandung, 14 dan 15 Maret 2022. Pembukaan dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja dan Kepala Disparbud Jawa Barat Benny Bachtiar.

Read More

Hadir pula secara virtual, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo serta Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins.

Tema yang diusung pada tahun ini adalah People and The Next Economy-Recovering Together, yang tujuannya berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif sebagai salah satu solusi pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Setiawan meyakini Connecti:City dapat menghasilkan kebijakan yang terkait ekonomi kreatif sehingga nantinya diimplementasikan oleh pemerintah untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

“Jawa Barat berkomitmen dalam mendukung ekonomi kreatif dengan menyediakan creative hub dan membentuk Kreasi Jabar. Pemerintah Jawa Barat juga merumuskan roadmap ekonomi kreatif serta mendukung kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi kreatif,” ucap Setiawan.

Poin utamanya, diutarakan dia, adalah bagaimana ekonomi kreatif dapat menjadi sebuah solusi dalam pemulihan usai pandemi dan menciptakan potensi untuk menyediakan lapangan pekerjaan.

Konferensi ini juga ditujukan untuk menjalin kerja sama dan kolaborasi serta memperluas jejaring ekonomi kreatif baik skala nasional maupun internasional.

Selain itu, Connecti:City juga dijadikan momentum untuk memperingati solidaritas Asia-Afrika dan arsip KAA sebagai warisan dunia (UNESCO 2015).

“Salah satu tujuan Connecti:City ini adalah meningkatkan kegiatan pengembangan ekonomi kreatif berupa dukungan promosi, inovasi, jejaring, dan kapasitas pelaku usaha kreatif Jawa Barat untuk go international melalui event G20 Indonesia 2022,” imbuh Benny.

Konferensi internasional ini melibatkan 18 pembicara dari dalam dan luar negeri, diantaranya Owen Jenkins (British Ambassador to Indonesia & Timor Leste); John Newbigin, O.B.E (Ambassador of Creative Industry, Inggris); Nicolas J.A. Buchoud (Grand Paris Alliance, Prancis); Rainer Kern (Director UNESCO City of Music, Jerman);  Patrik Lindvall (President Director IKEA, Swedia); Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menparekraf RI), Putri Tanjung (Staf Khusus Presiden), dan Wishnutama Kusubandio (Menparekraf 2019-2020, Presiden Komisaris Telkomsel). (*)

Related posts