Kepala Daerah Harus Jamin Keamanan Vaksin

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG Anggota DPRD Kota Bandung Rendiana Awangga menyatakan, pimpinan di daerah harus memberikan jaminan terhadap keamanan vaksin Covid-19, salah satunya siap dan bersedia menjadi penerima vaksin pertama.

“Saya melihat bahwa masih adanya kekhawatiran di masyarakat akibat isu, disinformasi, dan juga hoaks terkait vaksin. Dukungan kepala daerah perlu ditunjukkan dengan pernyataan dan aksi yang tegas terhadap vaksin. Sikap kepala daerah akan menentukan penerimaan dan juga respon masyarakat terhadap vaksin,” ucap Awang, sapaan akrabnya, Sabtu (19/12/2020).

Awang pun meminta agar kepala daerah tak mengeluarkan pernyataan maupun sikap yang akhirnya membuat keraguan sebagian masyarakat mengenai vaksin virus corona baru.

“Kepala daerah sebaiknya membuat pernyataan kesiapannya, apabila divaksin paling awal. Hal ini untuk memberikan rasa aman, dan membuang keraguan ditengah masyarakat,” tegasnya.

Dia berpandangan, bila vaksin merupakan salah satu langkah signifikan dalam upaya melawan pandemi Covid-19. Awang menilai, rangkaian uji coba dan tes yang dilakukan para peneliti vaksin sudah sebegitu ketat dan rumitnya, untuk memastikan bahwa vaksin aman dan efektif dalam melawan virus tersebut.

Baca Juga

Kang Awang, yang satu-satunya relawan uji klinis vaksin Covid-19 dari unsur Pemerintahan Kota Bandung, berharap, kepala daerah, utamanya di Kota Bandung, memberikan jaminan agar tidak ada keraguan di masyarakat terkait vaksin corona.

“Saya saksi, bahwa sejak disuntikannya vaksin sampai dengan saat ini, kondisi saya sehat walafiat dan negatif Covid-19,” pungkas Ketua DPD Partai Nasional Demokrat Kota Bandung.

Seperti diketahui, saat ini diberitakan bahwa sudah ada  1,2 juta vaksin Sinovac sedang menunggu proses persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Saat ini banyak informasi yang simpang siur, khususnya di media sosial, berkaitan dengan keamanan vaksin Covid-19.

Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya telah menyatakan siap untuk menjadi yang pertama kali mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan juga anggota DPRD Kota Bandung Rendiana Awangga terlibat menjadi salah satu relawan uji klinis vaksin tersebut. (*)

Related posts