Thursday , 2 April 2020
Home » Wisata » Daftar Objek Wisata Pangandaran, Bukan Hanya Pantai

Daftar Objek Wisata Pangandaran, Bukan Hanya Pantai

Pangandaran identik dengan wisata pantai. Padahal, banyak tempat wisata lain di Pangandaran selain pantai.

Pangandaran
Pantai Pangandaran (Pixabay)

JABARTOADAY.COM, PANGANDARAN — Pangandaran adalah nama salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Ibu kota atau pusat pemerintahannya di Kecamatan Parigi. Pangandaran juga nama salah satu kecamatan di kabupaten ini.

Kabupaten Pangandaran merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis. Kabupaten yang terkenal dengan wisata alam ini resmi dimekarkan pada 25 Oktober 2012.

Kabupaten termuda di Jawa Barat ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Kabupaten Pangandaran terdiri atas 10 kecamatan, yaitu Cigugur, Cijulang, Cimerak, Kalipucang, Langkaplancar, Mangunjaya, Padaherang, Pangandaran, Parigi, Sidamulih.

Mengutip laman Wikipedia, pada awalnya desa Pananjung Pangandaran ini dibuka dan ditempati oleh para nelayan dari Suku Sunda. Penyebab pendatang lebih memilih daerah Pangandaran untuk menjadi tempat tinggal karena gelombang laut yang kecil yang membuat mudah untuk mencari ikan.

Karena di Pantai Pangandaran inilah terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut yang sekarang menjadi cagar alam atau hutan lindung, tanjung inilah yang menghambat atau menghalangi gelombang besar untuk sampai ke pantai.

Di sinilah para nelayan menjadikan tempat tersebut untuk menyimpan perahu yang dalam Bahasa Sundanya disebut andar setelah beberapa lama banyak berdatangan ke tempat ini dan menetap sehingga menjadi sebuah perkampungan yang disebut Pangandaran.

Daftar Objek Wisata Pangandaran

Berikut ini objek wisata di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

1. Curug Citumang

Curug Citumang
Curug Citumang, Pangandaran (Ist)

Curung Citumang berlokasi di Kompleks Objek Wisata Citumang Sukamanah, Bojong, Parigi, Pangandaran. Dikenal juga dengan nama Green Valley Citumang.

Citumang sendiri adalah sebuah aliran sungai yang membelah hutan yang menuju kesebuah goa. Keindahan alam sekitar sungai begitu asri dengan tumbuhan hutan yang masih dapat dinikmati. Selain itu kejernihan air sungai Citumang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

2. Cukang Taneuh – Green Canyon Pangandaran

Cukang Taneuh - Green Canyon Pangandaran
Cukang Taneuh – Green Canyon Pangandaran (Tribunnews)

Cukang Taneuh berlokasi di Jalan Raya Cijulang, Green Canyon, Kertayasa, Cijulang, Pangandaran. Tempat wisata alam ini disebut juga sebagai Green Canyon Pangandaran. Objek wisata ini menawarkan pemandangan air terjun, tebing, dan gua.

Baca Juga:  Susi Pudjiastuti Pulang Kampung Disambut Ribuan Warga Pangandaran

3. Jebulan

Jebulan Cigugur Pangandaran
Jebulan Cigugur Pangandaran (Ist)

Mirip dengan Green Canyon Pangandaran, objek wisata yang berlokasi di Jebulan, Cigugur, ini juga menawarkan pemandangan air terjun, tebing, dan gua. Hanya saja aliran sungainya lebih deras.

4. Batu Lumpang Garden

Batu Lumpang Garden
Batu Lumpang Garden (Mariani/Google)

Batu Lumpang Garden berlokasi di Jalan Raya Cigugur, Parakanmanggu, Parigi, Pangandaran. Di sini wisatawan bisa berperahu bersama keluarga dengan aliran sungai yang lebih tenang.

5. Curug Luhur

Curug Luhur Pangandaran
Curug Luhur Pangandaran (Gunawanmoch Blog)

Objek wisata Pangandaran Curug Luhur berlokasi di Dusun Cimanggu, Desa Cimanggu, Kecamatan Langkap Lancar, Pangandaran.

Pemandangan air terjun bertingkat bisa dinikmati di sini. Medan di sekitarnya juga terbilang landai dan mudah dijangkau.

6. Gua Sinjang Lawang

Objek Wisata Gua Sinjang Lawang Pangandaran
Objek Wisata Gua Sinjang Lawang (Pangandaran Life)

Gua Sanjang Lawan berlokasi di Dusun Parinengan, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkap Lancar, Pangandaran. Objek wisata gua ini sangat eksotis. Gua berukuran lebar dan tinggi sekitar 60 meter. Di dalam gua ada aliran Sungai Cijulang yang bisa diikuti.

Gua Sinjang Lawang ini merupakan sebuah Gua tembus yang dilalui oleh aliran sungai Cijulang dan Cijulang Tengah. Sekitar 1,5 KM di hilir gua akan bertemu dengan Sungai Cijulang Wetan. Sungai ini dikenal dengan nama Sungai Cijulang karena melewati Sungai yang berada di Objek Wisata Green Canyon Cijulang.

Untuk menuju tempat wisata di Pangandaran ini pengunjung bisa menyusuri gua dengan mengikuti aliran Sungai Cijulang.

7. Cagar Alam Pananjung

cagar alam pananjung
Cagar Alam Pananjung (Disparbud Jabar)

Taman Wisata Cagar Alam Pananjung ini mempunyai luas area sekitar 530 hektar. Tempat wisata di Pangandaran ini mempunyai koleksi aneka flora dan fauna, termasuk spesiaes langka seperti, bunga Raflesia, banteng, rusa, serta aneka jenis kera.

Di tempat wisata ini, terdapat pula gua-gua alami yang bisa disusuri, seperti gua Panggung, gua Sumur Mudal, gua Paraf, gua Lanang, dan gua Jepang. Tempat wisata di Pangandaran ini berada di Pananjung, Pangandaran.

Taman Wisata Cagar Alam atau sering di sebut TWA Cagar Alam Merupakan kawasan konservasi wisata alam yang dikelola oleh Perhutani.

8. Curug Taringgul

Curug Taringgul Pangandaran
Curug Taringgul Pangandaran (myPangandaran)

Obek wisata alam Curug Taringgul terletak di Jalan Cibanten, Blok Ciawitali, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Daya tarik tempat wisata di Pangandaran ini adalah aliran sungainya yang berwarna hijau kebiruan serta air terjun yang mengairi sungai. Aktivitas favorit di tempat wisata ini adalah body rafting.

9. Pepedan Hills

Pepedan Hills Pangandaran
Pepedan Hills Pangandaran (myPangandaran)

Di Pepedan Hills ini pengunjung bisa menikmati panorama alam dari atas perbukitan Goa Nyiuran. Hijaunya alam dengan pepohonan yang rimbun menjadi salah satu pemandangan yang akan memanjakan pengunjung.

Baca Juga:  Ikan Marlin Biru Jadi Maskot Pangandaran

Di tempat wisata di Pangandaran ini terdapat area untuk camping, outbond, hiking dan susur sungai. Pengunjunga juga bisa berfoto di atas bukit dengan latar pegunungan. Yang lebih asyik lagi di Pepedan Hills ini Anda bisa menikmati sajian kuliner khas nasi liwet kampung.

10. Curug Jambe Anom

Curug Jambe Anom - Pangandaran Golden Visage
Curug Jambe Anom (Pangandaran Golden Visage)

Kawasan Curug Jambe ini dikelilingi tebing-tebing bebatuan yang ditumbuhi pepohonan liar. Suasana asri alam hutan sangat terasa di tempat wisata di Pangandaran sini. Pengunjung yang tertarik berenang, bisa langsung menuju ke kolam air terjun yang luasnya sekitar empat meter persegi.

Daerah di sekitar Curug Jambe juga memiliki potensi wisata lain, seperti bisa untuk body rafting, spot pemancingan, dan flying fox. Tempat wisata ini berada di Purbahayu, Pangandaran.

Wisata Pantai Pangandaran

Wisata Pantai merupakan andalan Pangandaran. Banyak pantai di Pangandaran yang bisa dikunjungi.

1. Pantai Madasari

Pantai Madasari Pangandaran
Pantai Madasari (myPangandaran)

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah,Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Masyarakat sekitar menyebut pantai ini Bulak Benda.

Salah satu ciri khas tempat wisata di Pangandaran ini adalah adanya pulau-pulai kecil di pinggir pantai. Terdiri atas enam pulau, yakni Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai.

2. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu
Pantai Batu Hiu (Alam Priangan)

Lokasi pantai ini di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Pemandangan matahari terbenam sangat indah jika disaksikan dari pantai ini. Bebatuan karang menjulang di sini.

Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri. Bukan hanya karena pemandangan alam yang memesona, tapi juga karena legenda hiu yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata favorit. Pantai Batu Hiu disebut demikian karena adanya sebuah batu karang di tengah laut yang menyembul layaknya sirip hiu.

Tempat wisata di Pangandaran ini berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Pantai Batu Hiu memiliki sebuah batu karang besar yang sedikit menjorok ke laut. Tak heran, banyak wisatawan yang menyebutnya sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat,

Baca Juga:  Ikan Marlin Biru Jadi Maskot Pangandaran

Berada di Kabupaten Pangandaran, Pantai Batu Hiu merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa jadi pilihan selain Pantai Barat dan Timur. Letaknya cuma 14 Km dari pusat kota Pangandaran dan persis sebelum Green Canyon.

3. Pantai Pasir Putih 

Pantai Pasir Putih Pangandaran
Pantai Pasir Putih Pangandaran (Travel Pangandaran)

Pantai Pasir Putih berlokasi di Cagar Alam Pananjung, Pangandaran. Berada di kawasan Cagar Alam Pananjung, pantai ini berpemandangan indah dan berpasir putih halus.

Pemandangan alam dan nuansa khas Pantai Selatan yang eksotis begitu terasa di tempat wisata di Pangandaran ini. Pantainya yang berpasir putih dan kondisi air yang masih jernih membuat area ini cocok untuk beragam aktivitas, dari sekadar bersantai hingga snorkeling. Di sini pengunjung juga ada kapal karam yang seru buat jadi spot foto.

Salah satu cara untuk bisa mencapai lokasi Pasir Putih Pangandaran yakni dengan melewati cagar alam baik di barat atau timur. Dengan begitu, anda bisa menikmati keindahan cagar alam yang ada di kawasan tersebut.

Di sini pengunjung akan menemui banyak hewan liar seperti monyet. Daya tarik utama dari pantai ini adalah nuansa alami yang masih cukup terjaga karena berada di kawasan konservasi.

4. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas Pangandaran
Pantai Batu Karas Pangandaran (myPangandaran)

Lokasi tempat wisata di Pangandaran ini berada di Jalan Batu Karas, Batukaras, Cijulang, Batukaras, Cijulang, Pangandaran. Pantai ini menawarkan suasana yang tenang dan gelombang laut yang bersahabat.

Tak cuma sekadar bersantai menikmati cantiknya pemandangan, di spot wisata ini pengunjung juga bisa berselancar. Pantai ini merupakan paduan pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran.

5. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak Pangandaran
Pantai Karapyak Pangandaran (Youtube)

Objek Wisata Pangandaran Pantai Karapyak berada di Desa Bagolo, Pangandaran. Kondisi pantai ini sangat sejuk, dipenuhi dengan banyak pohon rindang.

Hamparan pasir putihnya memanjang lebih kurang 5 km dari bibir pantai. Batu karang menghujam ke atas sebagai rumah beberapa ikan dan kumang. Kondisi air laut yang sangat bening kehijauan sangat memungkinkan melihat pesona bawah laut dengan sangat jelas. (Berbagai sumber).*