Friday , 22 November 2019
Home » Headline » 27 Tempat Wisata Alam Terbaik di Jawa Barat

27 Tempat Wisata Alam Terbaik di Jawa Barat

Wisata Jabar Taman Bunga

JabarToday.com, Bandung — Wilayah Jawa Barat dikenal dengan keindahan alamnya. Banyak tempat wisata di Jawa Barat menjadi tujuan wisatawan domestik dan mancaneara karena viral di dunia maya dan eksotis.

Jawa Barat umumnya memiliki udara yang sejuk karena banyak dikelilingi oleh pegunungan.

Destinasi atau objek wisata di Jawa Barat sangat banyak, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, agro, wisata budaya, wisata sejarah, wisata rekreasi, hiburan, kuliner, pendidikan, hingga wisata religi.

Jawa Barat juga menjadi tempat wisata wisata minat khusus, arung jeram, selam, selancar, hingga “mistik”.

Kota Bandung sebagai Ibu Kota Jawa Barat selalu dipadati wisatawan tiap akhir pekan atau hari libur. Kota Bandung dikenal sebagai kota wisata belanja, kuliner, dan wisata sejarah.

Namun, kota dan kabupatan lain di Jawa Barat juga memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Top 27 Tempat Wisata Alam Terbaik di Jawa Barat

Berikut ini Daftar Tempat Wisata di Jawa Barat yang menjadi alternatif bagi Anda untuk mengisi liburan atau refreshing.

1. Manglayang Jungle Place- Bandung

Manglayang Jungle Place Bandung
Manglayang Jungle Place Bandung (Ist).

Disingkat MJP, tempat wisata alam ini berlokasi di sekitar kawasan wisata Gunung Manglayang, rentetan pegunungan yang mengelilingi Kota Bandung bersama dengan Gunung Bukit Tunggul, Burangrang, serta Tangkuban Perahu.

Lokasi MJP di Jalan Cilengkrang 1, Kampung Cigupakan RW 03, Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Jalur masuk melalui Jln Achmad Yani, Kota Bandung.

MJP menawarkan keindahan alam khas Bandung Timur yang masih sangat alami, hijau, dan asri, serta berhawa udara sejuk menyegarkan. Pengunjung juga bisa menikmati hamparan Kota Bandung dari ketinggian.

2. Kawah Putih – Ciwidey Bandung

Kawah Putih - Ciwidey Bandung

Kawah Putih terletak di puncak Gunung Patuha, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Lokasinya di bagian Bandung selatan menawarkan udara sejuk dengan suhu 8 – 22 derajat.

Tempat wisata terindah yang ada di Jawa Barat ini berlokasi di Jl. Raya Soreang Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Kawah Putih memiliki warna yang berubah-ubah apabila terkena sinar matahari. Hal itu menjadi keunikan tersendiri dari tempat wisata ini. Secara umum kawah putih merupakan sebuah kawah berwarna kehijauan dan diselimuti kabut asap tipis serta mengandung belerang yang sangat kuat.

3. Stone Garden – Padalarang Bandung

Stone Garden - Padalarang Bandung

Stone Garden yang berlokasi di Gunung Masigit, Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung. “Kebun Batu” ini sangat eksotis dan cocok sebagai tempat mengambil foto prewedding.

Stone Garden menawarkan padang bertabur bebatuan yang begitu menakjubkan, terutama saat pagi hari atau senja hari, saat matahari tenggelam.

4. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran (Tribun Jabar)

Pantai Pangandaran ada di sebelah tenggara Jawa Barat. Pantai ini pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik di Provinsi Jawa Barat.

Keistimewaan pantai ini adalah antara lain pengunjung dapat menikmati matahari terbit dan matahari terbenam di satu pantai, pasir putih yang halus, air yang jernih dan bersih, serta kelengkapan sarana wisata.

5. Green Canyon – Pangandaran

Green Canyon - Pangandaran

Green Canyon di Desa Kertayasa, Kabupaten Pangandaran, merupakan tempat wisata alam yang menyimpan beribu pesona. Green Canyon menyajikan keindahan dalam bentuk batu-batu stalaktik yang begitu menawan. Green Canyon yang asli ada di Amerika Serikat, namun yang di Jawa Barat ini tidak kalah cantik.

Pengunjung bisa menikmati tebing tinggi dengan Sungai Cijulang yang mengalir di bawahnya serta menjelajahi gua di sekitar sungai. Pengunjung juga bisa mencoba body rafting menyusuri sungai di bawahnya sepanjang 3 km, melewati pepohonan hijau di kanan kirinya.

6. Curug Cikaso – Sukabumi

Curug Cikaso – Sukabumi (Ide Trips)
Curug Cikaso – Sukabumi (Ide Trips)

Curug Cikaso terletak di Desa Ciniti, Kabupaten Sukabumi. Tempat wisata di Jawa Barat ini terdiri dari tiga air terjun yang berdampingan. Kolam di bawahnya memiliki warna air biru kehijauan eksotis.

Baca Juga:  Objek Wisata Alam Ciletuh Sukabumi Jabar Selevel dengan Geopark Dunia

Ketinggian air terjun mencapai 80 meter. Lebar tebing 100 meter. Curug ini menyuguhkan pemandangan indah limpahan air yang dikelilingi dengan hijaunya pepohonan.

Terdapat 3 arit terjun yang sangat indah yang saling berdampingan. Apabila matahari bersinar cerah, ada kemungkinan anda dapat melihat pelangi kecil di air terjun ini. Lokasi wisata air terjun Curug Cikaso berada dekat dengan Pantai Ujung Genteng.

7. Alam Panenjoan – Purwakarta

Alam Panenjoan – Purwakarta

Mirip Tebing Kraton di Bandung, Alam Panenjoan terletak di Desa Sindang Panon. Lokasinya berjarak sekitar 17 km dari Kota Purwakarta.

Panenjoan berarti tempat memandang, dari tempat wisata di Jawa Barat ini, wisatawan bisa menyaksikan keindahan perkebunan teh yang menawan.

8. Bukit Panembongan – Kuningan

Bukit Panembongan – Kuningan
Bukit Panembongan – Kuningan (@panembongan)

Bukit Panembongan berlokasi di Desa Tembong, Garawangi, sekitar 8 km dari pusat Kota Kuningan. Pengunjung bisa menyaksikan keindahan hamparan hutan pinus yang terawat dan dekat dengan sumber air dari sudut pandang yang lain.

9. Kampung Karuhun – Sumedang

Kampung Karuhun – Sumedang
Kampung Karuhun – Sumedang (Kodes Jabar)

Berlokasi di Citengah, Sumedang Selatan, Kampung Karuhun merupakan tempat wisata di Jawa Barat dengan konsep eco park yang memadukan keindahan alam dan fasilitas wisata.

Pengunjung bisa menyaksikan area persawahan dan hutan tropis yang menghijau. Pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas seperti singkong rebus, ubi, pisang, dan kacang di Sky Tea House.

10. D’Jungle Private Camp – Puncak, Bogor

D’Jungle Private Camp – Puncak, Bogor (IdeTrips)
D’Jungle Private Camp – Puncak, Bogor (IdeTrips)

D’Jungle Private Camp yang berlokasi di Puncak, Kabupaten Bogor, menawarkan konsep refreshing dengan berkemah di lingkungan yang masih kental nuansa alamnya. Pengunjung tidak perlu membawa perlengkapan berkemah.

Pengunjung bisa berkemah secara eksklusif lengkap dengan fasilitas penunjangnya di alam terbuka. Tempat wisata yang bisa dikunjungi antara lain kolam pemancingan, kebun, kolam main air, api unggun, dan treking.

11. Pantai Ujung Genteng – Sukabumi

Pantai Ujung Genteng – Sukabumi
Pantai Ujung Genteng – Sukabumi (Jejak Piknik)

Pantai Ujung Genteng di Sukabumi menawarkan deretan pantai yang indah, berpasir putih, dan berair jernih. Pengunjung bisa berselancar di pantai yang terkenal memiliki ombak besar ini.

12. Kampung Naga – Tasikmalaya

Kampung Naga - Tasikmalaya
Kampung Naga – Tasikmalaya (Kumparan)

Kampung Naga terkenal memiliki daya tarik budaya kearifan lokal yang unik. Tata letak dan arsitektur rumah yang terletak di Desa Neglasari, Kabupaten Tasikmalaya, ini masih terjaga keasliannya secara alami dari dulu hingga kini.

Penduduk di Kampung Naga menolak intervensi dari luar dan masih menjaga adat istiadat warisan leluhur. Oleh karenanya, Kampung Naga juga disebut Kampung Unik. Bila dilihat dari kejauhan, kita bisa menyaksikan deretan atap rumah penduduk berbahan ijuk dikelilingi persawahan hijau.

Untuk sampai ke Kampung Naga, pengunjung harus melewati 439 anak tangga.

Tidak ada tiket masuk ke lokasi wisata budaya di Jawa Baat ini. Bahkan, dengan izin dari sesepuh dan penduduk setempat, pengunjung bisa menginap secara gratis. Namun, tidak ada listrik di desa ini.

13. Telaga Remis – Kuningan

Telaga Remis – Kuningan
Telaga Remis – Kuningan (Youtube)

Telaga Remis terletak di kaki Gunung Ciremai, sekitar 37 km dari Kota Kuningan. Tempat wisata di Jawa Barat ini menawarkan keindahan danau berhawa sejuk dan dikelilingi oleh pepohonan pinus yang rimbun.

Selain bersantai, Anda juga bisa mencoba naik perahu bebek mengitari danau dengan airnya yang kehijauan.

Anda juga bisa menyaksikan banyak orang memancing di danau ini serta berwisata kuliner menikmati sajian makanan di restoran khas Sunda bernuansa air di sepanjang jalan menuju telaga.

Baca Juga:  Objek Wisata Alam Ciletuh Sukabumi Jabar Selevel dengan Geopark Dunia

Tidak jauh dari lokasi wisata ini, terdapat juga komplek Telaga Nilam. Di tempat ini terdapat banyak cottage yang disewakan serta pemandian alam.

14. Gunung Pancar – Puncak, Bogor

Gunung Pancar – Puncak, Bogor

Talaga Warna Gunung Pancar terletak di Citeureup, Kabupaten Bogor. Pengunjung bisa menjumpai keindahan hutan pinus, pemandian alam, dan wisata alam sambil berolahraga.

Aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata di Jawa Barat ini adalah bermain sepeda, hiking, berkemah, naik kuda, lintas alam, tenis, serta mandi air panas. Konferensi dan seminar juga sering diselenggarakan di sini oleh berbagai perusahaan.

15. Kawah Putih Talaga Bodas – Garut

Kawah Putih Talaga Bodas – Garut
Kawah Putih Talaga Bodas – Garut (Kompas)

Kawah putih tidak hanya ada di Bandung. Kabupaten Garut pun memiliki Talaga Bodas dengan kawahnya yang berwarna putih dan hijau toska. Lokasinya berada di Kecamatan Pangatikan dan Wanaraja.

Talaga Bodas menyuguhkan pemandangan alam yang indah, udara segar, serta perbukitan hijau yang memesona. Pengunjung bisa berendam air panas di bak air panas yang tersedia. Air panas di Talaga Bodas ini memiliki kadar belerang tinggi sehingga dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit.

16. Taman Air Mancur Sri Baduga – Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga – Purwakarta
Taman Air Mancur Sri Baduga – Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga dianggap terbesar di Asia Tenggara. Berlokasi di kawasan Situ Buleud, pengunjung bisa menyaksikan air mancur yang bergerak sesuai alunan musik, layaknya pertunjukan yang sering dilakukan di Dubai. Air mancur ini memiliki 100 buah pipa air yang bisa memancarkan air setinggi 10 meter.

Pada hari-hari biasa, air mancur ini tetap menyembur, namun tidak ada efek tambahan seperti saat pertunjukan malam Minggu.

17. Taman Bunga Nusantara – Cianjur

Taman Bunga Nusantara – Cianjur
Taman Bunga Nusantara – Cianjur

Taman Bunga Nusantara mematok harga tiket Rp30.000 per orang. Pengunjung disambut berbagai jenis taman dan atraksi, seperti taman air, taman dino, taman mawar, taman rahasia / labirin, taman Bali, taman Perancis, taman mediterania, taman Jepang, taman palem, dan rumah kaca.

Terletak di Jl. Mariwati Km 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat, keindahan bunga yang tertata dengan rapi dan dipercantik menyerupai hewan, taman, dan lainnya akan membuat mata pengunjung menjadi segar kembali.

Selain ribuan jenis bunga, terdapat pula fasilitas hiburan yang sangat cocok untuk keluarga seperti wahana alam imajinasi, teater mini, danau angsa, taman labirin, air mancur musikal, karpet bunga, taman mawar, dan lain-lain.

18. Pantai Pelabuhan Ratu – Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu - Sukabumi

Terkenal dengan legenda Ratu Pantai Selatan atau Ratu Kidul, Pantai Pelabuhan Ratu menawarkan ombak yang cukup menantang untuk surfing.

Banyak penginapan hingga hotel di sekitar tempat wisata di Jawa Barat ini. Sepanjang pantai pengunjung dapat menemukan banyak restoran hidangan laut.

19. Taman Wisata Mekarsari – Bogor

Taman Wisata Mekarsari - Bogor
Taman Wisata Mekarsari – Bogor (JejakPiknik)

Taman Wisata Mekarsari yang berlokasi di Kabupaten Bogor adalah salah satu pusat pelestarian buah tropis terbesar di dunia.

Dngan luas 264 hektar, tempat wisata di Jawa Barat ini cocok untuk segala usia. Selain memiliki koleksi tanaman yang sangat lengkap, Taman Wisata Mekarsari juga dapat menjadi sarana edukasi yang cocok bagi anak-anak, tempat piknik keluarga, wisata kebun buah, wisata kebun sayur, dan acara perusahaan.

Ada Danau Cipicung yang luasnya sekitar 20 hektar. Pengunjung bisa menikmati pemandangan di atas perahu motor dan berfoto dengan latar belakang jembatan besi berwarna merah yang melintang di atas danau.

20. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu menwarkan 10 kawah. Ada 3 yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas.

Baca Juga:  Objek Wisata Alam Ciletuh Sukabumi Jabar Selevel dengan Geopark Dunia

Gunung Tangkuban Parahu memiliki tinggi sekitar 6.873 kaki dan memiliki suhu sekitar 17 derajat Celcius pada siang hari dan dapat mencapai 2 derajat Celcius pada malam hari.

21. Situ Patengan – Bandung

Situ Patenggang - Bandung
Situ Patenggang – Bandung (Wisatapedia)

Dikenal dengan nama Situ Patenggang, situ ini berupa danau dengan luas sekitar 45.000 ha dan berada di ketinggian 1600 mdpl. Lokasi wisata situ ini tepatnya ada Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat.

Situ Patengan memiliki udara yang sangat sejuk. Daya tarik dari Situ Patengan selain pemandangannya yang indah adalah pengunjung dapat naik ke perahu dan mengelilingi Situ. Pada saat mengelilingi Situ ini pengunjung juga diajak berkunjung ke Pulau asmara dan batu cinta.

22. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor (iNews)

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu destinasi wisata favorit keluarga. Terdapat aneka ragam tumbuhan yang ada di Indonesia. Kebun Raya Bogor ini memiliki luas sekitar 87 ha dan memiliki koleksi pohon dan tumbuhan mencapat 15.000 jenis.

23. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor

Objek wisata ini terletak Puncak, Bogor, tepatnya di Cisarua. Taman Safari adalah tempat wisata dengan orientasi wawasan binatang di alam bebas.

Berbeda dengan kebun binatang pada umumnya, di Taman Safari anda dapat melihat binatang di alamnya dari dekat dengan menggunakan mobil, bahkan anda juga dapat berinteraksi langsung dengan binatang-binatang tersebut.

Pengunjung dapat menikmati fasilitas lain di Taman Safari, misalnya area permainan, area pertunjukan, area bayi hewan, serta area berenang bernama Safari Water Park.

24. Maribaya Bandung Utara

Maribaya Bandung Utara
Maribaya Bandung Utara (The Lodge Maribaya)

Objek wisata Maribaya menawarkan pengalaman liburan alam yang menyegarkan. Dengan ikon air terjun Maribaya (Curug Maribaya) yang berketinggian 25 meter, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang mempesona dalam balutan udara segar yang menyehatkan.

Kawasan wisata di Bandung yang satu ini telah terkenal sejak dulu akan keindahan air terjunnya, kolam pemandian air panas, panorama alam, serta sajian kuliner lokal yang nikmat.

Alamat dari Maribaya Resort adalah di Jalan Maribaya no 105/202 Lembang, Bandung. Harga tiket masuk Rp 35.000 per orang.

25. De’Ranch di Bandung Utara

De’Ranch di Bandung Utara
De’Ranch di Bandung Utara (Travels Promo)

De’Ranch merupakan tempat wisata di Bandung utara yang bernuansa cowboy. Selain itu beberapa wahana lain seperti naik delman, fun boat, panahan, gold hunter, dan lain sebagainya juga tersedia di De’Ranch.

26. Wisata Air Panas Ciater – Subang

Wisata Air Panas Ciater
Wisata Air Panas Ciater (Tempat Wisata Seru)

Tempat wisata Jawa Barat di Kabupaten Subang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi di Subang. Pemandian ini bernama Sari Ater Hot Spring Resort atau lebih dikenal dengan obyek wisata air panas dan Air Ajaib Ciater.

Lokasinya ada di kawasan pegunungan Subang, di kaki gunung Tangkuban Perahu, Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

Demikian daftar tempat wisata di Jawa Barat. Tentu masih banyak objek wisata lainnya yang tak kalah menarik, namun belum begitu populer.

27. Pangjugjugan Cicalengka – Bandung

Pangjugjugan Cicalengka - Bandung
Wisata Alam Pangjugjugan Cicalengka – Bandung

Tempat Wisata Alam Pangjugjugan ini dikenal dengan nama Pondok Wisata AKI dan ENIN. Berada di Jl. Curug Cinulang, Kecamatan Dampit, Km-5 Cicalengka – Bandung, Pangjugjugan adalah pondok atau saung di tengah sawah yang dibangun oleh Aki untuk tempat bersantai bersama Enin saat libur.

Pondok Wisata Aki dan Enin nyaman dan sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Fasilitas yang tersedia antara lain Cottage, Fishing, Olaying Fox, Outbond, Arena permainan anak, Kolam renang, Terapi Ikan, Cafe, dan Kesenian Sunda.*

Sumber: Disparbud Jabar