Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjang Jawa Barat

bencana hidrometeorologi

JABARTODAY.COM, BANDUNG — Cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang, dan petir diprediksi menerjang wilayah Jawa Barat dalam beberapa hari ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengimbau masyarakat untuk waspada.

“Ada potensi terjadi hujan lebat, ada potensi angin kencang (dalam beberapa hari ke depan),” kata Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya, Kamis (2/1/2020).

Tony menjelaskan, indikasi terjadinya cuaca ekstrem di Jawa Barat disebabkan adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal, yakni aktifnya Monsun Asia. Fenomena ini menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia.

Baca Juga

Selain mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan lebih berhati-hati, ia juaga mengajak masyarakat untuk ikut serta menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Imbauan periksa lingkungan sekitar, jangan membuang sampah sembarangan. Bersihkan saluran air depan rumah, kurangi cabang pohon yang rimbun,” katanya dilansir detikcom.

Ia menyebutkan beberapa wilayah di Jawa Barat juga saat ini sudah memasuki puncak musim hujan, seperti Sukabumi, Cianjur, Subang, Garut, dan Ciamis.*

 

Related posts