Hujan Guyur Kota Bandung Sejak Dini Hari, Ini Penjelasan BMKG

musim hujan
Ilustrasi Hujan. Sumber foto: https://bit.ly/34TZLgm

JABARTODAY.COM, BANDUNGKota Bandung dan sekitarnya diguyur hujan Sabtu 3 Oktober 2020 sejak dini hari. Hingga siang pukul 10.00 WIB hujan gerimis masih turun di beberapa lokasi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Kota Bandung baru akan memasuki musim hujan pada pertengahan Oktober.

Menurut prakirawan cuaca BMKG Bandung, Muhamad Iid, hujan yang mengguyur Kota Bandung pada Sabtu pagi ini dipengaruhi kelembapan udara tinggi pada Jum’at 2 Oktober 2020.

“Kalau dilihat dari kondisi kemarin cukup lembab tapi ada pengaruh kondisi angin, ini menjadi pemicu hujan di pagi hari ini,” ujarnya kepada Radio PRFM 107,5 Bandung, Sabtu (3/10/2020).

Selain dipengaruhi kondisi kelembapan udara dan kecepatan angin, Iid menjelaskan, hujan di Kota Bandung pada pagi ini disebabkan kiriman suplai hujan dari kawasan tenggara Jawa Barat.

Baca Juga

“Suplai hujan hari ini dari wilayah tenggara seperti Garut dan tasikmalaya dan uap air yang sampai ke Bandung,” tuturnya.

Menurut Iid, di awal Oktober ini Kota Bandung dan sekitarnya termasuk Jawa Barat masih dalam periode peralihan musim.

“Saat ini masih pancaroba. Awal musim hujan di Bandung dan Jawa Barat itu di pertengahan Oktober,” katanya.

Dalam beberapa hari ke depan BMKG akan memantau curah hujan di pos pantau sehingga nanti dapat menyimpulkan secara pasti kapan musim hujan di Kota Bandung.

“Berdasarkan curah hujan yang masuk kalau lebih dari 50 mm dalam 10 hari berarti awal masuk musim hujan,” lanjutnya.*

 

Related posts