Gubernur Jawa Barat saat ini, Ridwan Kamil, mengatakan akan menjadikan Gedung Sate menjadi lokasi wisata sejarah dan budaya sebagai bagian dari fokus pembangunan kebudayaan di Provinsi Jabar.

“Untuk warga Kota Bandung dan Jabar pada umumnya, Gedung Sate adalah salah satu ikon kebanggaan. Oleh karena itu, kami mencanangkan gedung di pusat Kota Kembang ini menjadi lokasi wisata,” katanya dalam pameran lukisan dan penyerahan Anugerah Barli 2019 di Aula Timur Gedung Sate, 19-28 Agustus 2019.

Dia mengatakan, pameran lukisan Barli menjadi salah satu pembuktian Gedung Sate sebagai lokasi wisata budaya.

Nantinya, dinding Gedung Sate akan dipenuhi lukisan yang menggambarkan sejarah berdirinya Gedung Sate, serta khasanah seni dan budaya dari 27 kabupaten/kota yang ada di Tanah Pasundan.

“Gedung Sate ada dua ruang besar, ada galeri barat dan galeri timur. Sesekali boleh (digelar pameran), tidak hanya acara administrasi kepemerintahan, tapi juga bisa jadi lokasi acara galeri berkesenian, seni rupa, dan lain-lain,” katanya.

Saat ini Pemprov Jabar tengah merevitalisasi Taman Gedung Sate untuk dijadikan ruang terbuka bagi masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya. (jt2/dari berbagai sumber).*

Taman Gedung Sate