Kodam III/Siliwangi Fokus Tangani Imigran Gelap

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG.

Soliditas Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang didukung seluruh komponen bangsa untuk mempertahakan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI) menjadi tema utama yang diusung dalam Hari Ulang Tahun TNI ke-67. Peringatan dilakukan dengan upacara di Lapangan Gasibu Bandung, jalan Diponegoro, Jumat (5/10).

Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal Sonny Widjadja mengatakan, semangat berbakti kepada negara dan cinta tanah air harus dicanangkan agar TNI semakin solid. Sehingga tidak ada negara manapun yang berniat mengancam maupun mengganggu keutuhan NKRI.

“Bersama seluruh aspek masyarakat, mari kita bersatu untuk keamanan dan kenyamanan Jawa Barat,” imbau Sonny, saat ditemui usai upacara di Lapangan Gasibu Bandung.

Sonny menuturkan, sampai saat ini situasi Jabar masih kondusif. Itu dapat dilihat, seperti pada saat aksi demo buruh beberapa waktu lalu. Banyak di wilayah lain yang melakukan aksi anarkis, tapi di Jabar berlangsung secara aman.

“Berpatokan dengan hal itu, saya optimis dengan akan diadakannya Pemilihan Gubernur Jabar nanti, suasana Jabar akan kondusif,” ucapnya.

Selanjutnya Sonny menuturkan potensi ancaman yang ada di wilayah Jabar yang menjadi perhatiannya adalah masalah imigran gelap.

“Karena beberapa wilayah di Jabar merupakan tempat masuk dan keluar para imigran atau transit sebelum ke tempat tujuan, yaitu Australia,” ungkapnya.

Imigran gelap yang kebanyakan berasal dari negara Timur Tengah, seperti Afghanistan dan Iran, masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta, serta Selat Sunda. Mereka keluar lewat daerah pesisir Jabar, seperti Bogor, Sukabumi, Cianjur, juga Ciamis.

“Kita bekerjasama dengan polisi untuk meminimalis dan melakukan pengamanan akan hal tersebut. Caranya dengan mengefektifkan perhatian di wilayah pelosok, karena para imigran yang datang secara perorangan, kemudian setelah terkumpul melakukan penyeberangan, dan itu rentan mengalami kecelakaan,” jelasnya.

Dalam upacara peringatan HUT TNI ke-67 diikuti oleh ribuan anggota TNI dari berbagai kesatuan, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Turut hadir sejumlah pejabat daerah, seperti Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Walikota Bandung Dada Rosada. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts