Kasus Corona Masih Bertambah, PSBB Jabar Diperpanjang Sampai 26 Juni 2020

PSBB Jabar

JABARTODAY.COM, BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat provinsi hingga 26 Juni 2020.

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, perpanjangan PSBB dilakukan untuk mengakomodasi sejumlah daerah yang masih masuk zona kuning sebaran Virus Corona (Covid-19).

Khusus untuk kawasan Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, serta Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi (Bodebek), pemberlakuan PSBB tetap mengikuti rentang waktu PSBB dari Pemerintah DKI Jakarta yakni hingga 2 Juli 2020.

“Ada tiga situasi di Jawa Barat, satu yang melaksanakan PSBB proposional sampai dengan 2 Juli. Kemudian ada yang melanjutkan PSBB proposional sampai dengan 26 Juni. Ada juga yang tidak melanjutkan karena sudah masuk zona biru,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan persnya, Jumat (12/6/2020).

Baca Juga

Dikemukakan, dalam proses Adaptasi Kebiasaan Baru atau era New Normal terdapat sejumlah pergerakan manusia dan orang yang harus diwaspadai di wilayah Jabar.

“Ada pegerakan-pergerakan yang harus diwaspadai karena dari sisi statistik pergerakan manusia dan orang itu kembali meningkat, kedua terjadi temuan-temuan Covid di tempat-tempat yang sebelumnya kurang diwaspadai,” imbuhnya.

Wilayah Jabar terbagi menjadi dua zona, yakni Zona Biru dan Zona Kuning. Zona biru diizinkan tidak melanjutkan PSBB dan melaksanakan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Wilayah Bodebek masih kuning dan Bandung Raya, tinggal Kota Bandung yang masih kuning,” kata Ridwan Kamil.

Total zona biru naik dari 15 menjadi 17 wilayah dan zona kuning turun dari 12 menjadi 10 wilayah. “Semoga secepatnya ada yang menjadi zona hijau,” ujar Emil.

Berikut ini daftar daerah zona kuning dan zona biru di Jabar berdasarkan tabel level kewaspadaan.

Zona Kuning

1. Kabupaten Bekasi
2. Kabupaten Bogor
3. Kabupaten Garut
4. Kabupaten Indramayu
5. Kabupaten Karawang
6. Kabupaten Sukabumi
7. Kota Bandung
8. Kota Bekasi
9. Kota Bogor
10.Kota Depok.

Zona Biru

1. Kabupaten Bandung
2. Kabupaten Bandung Barat
3. Kabupaten Ciamis
4. Kabupaten Cianjur
5. Kabupaten Cirebon
6. Kabupaten Kuningan.
7. Kabupaten Majalengka
8. Kabupaten Pangandaran
9. Kabupaten Purwakarta
10. Kabupaten Subang
11. Kabupaten Sumedang
12. Kabupaten Tasikmalaya
13. Kota Banjar
14. Kota Cimahi
15. Kota Cirebon
16. Kota Sukabumi
17. Kota Tasikmalaya.

Update Kasus Corona Jabar

Kasus Covid-19 di Jabar hingga Jumat, 12 Juni 2020, tercatat sebanyak 2.551 orang terkonfirmasi terinfeksi. Sebanyak 1.016 orang dinyatakan sembuh.

Menurut data situs resmi pusat informasi dan koordinasi Covid-19 pikobar.jabarprov.go.id, informasi tersebut update pada pukul 15.14 WIB..

Terjadi peningkatan jumlah kasus sebanyak 44 orang jika dibandingkan sehari sebelumnya yakni sebanyak 2.507 kasus.

Pasien yang sembuh dari virus ini turut meningkat sebanyak 21 orang sehingga jumlah yang dinyatakan sembuh kini menjadi 1.016 orang.

Untuk korban meninggal tercatat 161 orang. Tidak ada penambahan jumlah orang hingga saat ini dari jumlah pada hari sebelumnya.*

 

Related posts