JQR dan Baznas Kolaborasi Sejahterakan Masyarakat

  • Whatsapp
JQR dan Baznas memberikan bantuan sosial kepada kaum dhuafa, Jumat (7/5/2021). (foto: istimewa)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Jabar Quick Respon (JQR) berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat dalam program kemanusiaan dan bantuan sosial. Kolaborasi ini menjadi salah satu agenda Pemerintah Provinsi Jabar menyejahterakan masyarakat, utamanya dalam menurunkan angka kemiskinan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, orang yang berkiprah di JQR dan Baznas dibekali keikhlasan dan kesabaran. Jika dua poin itu tidak diterapkan dalam diri, maka jangan berkiprah di lembaga sosial.

“Jangan pernah berharap rupiah dari manusia. Setiap orang yang berkiprah di JQR dan Baznas itu mulia, niatnya ibadah,” ucap Emil, sapaan akrabnya, saat acara Gerobag Ramadan Iftar untuk Duafa di GOR Saparua, Kota Bandung, Jumat (7/5/2021) malam.

Emil menyebut, setiap kegiatan yang dilakukan JQR dan Baznas merupakan aktivitas sosial yang perlu didukung semua pihak. Sebab, sambung Emil, semua semata-mata demi kemanusiaan, bukan karena ada tujuan lain. 

“Orang bantu angkat beras, bantu pengungsi yang sedang kesusahan, bantu warga kurang mampu dan lainnya, itu bukan karena ingin dipuji, tapi niat karena Allah SWT,” ujarnya.

Baca Juga

Emil berharap, kedepan JQR dan Baznas terus berkembang dan semakin luas membantu sesama manusia yang membutuhkan, tanpa melihat latar belakang siapa yang ditolong. 

Saya punya mimpi suatu hari nanti ada, Indonesia Quick Respon bahkan World Quick Respon. Mudah-mudahan mimpi itu tercapai. Poinnya perjuangan kita membantu sesama masih panjang,” cetusnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Jabar Quick Respon Bambang Trenggono mengungkapkan, kolaborasi dengan Baznas untuk menurunkan angka kemiskinan merupakan fokus saat ini dan masa depan.

“Melalui kolaborasi ini diharapkan bisa menunaikan cita-cita Pemprov Jabar mengentaskan kemiskinan,” imbuhnya.

Sejak JQR diluncurkan pada 2018 sudah banyak program yang dilakukan. Program-program kemanusiaan itu tentunya berkolaborasi dengan lembaga lain. 

“Kami hanya melaksanakan saja. Ide besar dan arahannya ada di Kang Emil,” ungkapnya.

Dia menambahkan, JQR bukan hanya sebatas membantu warga yang mengalami musibah atau peristiwa bencana. Jauh dari itu, JQR siap membantu masyarakat dalam bentuk apapun soal kemanusiaan.

“Intinya kita tidak fokus di bantuan untuk korban bencana saja, tapi membantu di sisi kemanusiaan,” klaimnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Jabar Anang Jauharuddin berharap, kolaborasi dengan JQR bisa memperluas dan memperlebar bantuan pada warga. Pihaknya pun akan terus mendukung setiap program JQR.

“Saya menilai, orang-orang di JQR itu tanggap dan cepat, bahkan idealisme atau keinginan membantu itu sangat tinggi. Mereka bekerja tanpa pamrih dan pujian. Maka dari itu, kami akan terus mendukung program-programnya,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait