Friday , 5 June 2020
Home » Politik » Fraksi NasDem Semprot Disinfektan Rumah Ibadah

Fraksi NasDem Semprot Disinfektan Rumah Ibadah

Tim Penyemprotan Disinfektan DPD Partai NasDem Kota Bandung

JABARTODAY.COM – BANDUNG Dalam melaksanakan intruksi DPP, khususnya mengantisipasi penyebaran COVID-19, anggota DPRD Kota Bandung dari Partai Nasional Demokrat, yakni Rendiana Awangga, Uung Tanuwidjaja, Dudy Himawan, Asep Sudrajat, dan Herry Hermawan, melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah ibadah di Kota Bandung sejak 20 Maret lalu.

Tempat-tempat peribadatan seperti masjid dan gereja disemprot disinfektan oleh tim yang berisikan sepuluh orang, dimana dalam kegiatan itu para legislator ikut mendampingi kegiatan tersebut.

Selain itu, Fraksi NasDem DPRD Kota Bandung juga bekerja sama dengan DPW Partai NasDem Jawa Barat bidang kesehatan, melalui dr Evi Novitasari, melakukan sosialisasi ke para pengurus dan pengelola tempat peribadatan mengenai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Tata Cara Mencuci Tangan yang Benar, disertai pemberian brosur-brosur pencegahan virus corona, serta memberikan bantuan sosial dengan sumber daya yang dimiliki.

“Sudah dari sepekan yang lalu kami melakukan penyemprotan di masjid-masjid dan gereja-gereja. Setiap harinya ada 9-10 titik dan kegiatan ini akan terus dilakukan hingga satu bulan kedepan,” ujar Rendiana Awangga, di Gedung DPRD Kota Bandung, Kamis (26/3/2020).

Politisi yang akrab disapa Awang ini mengaku, ikut melakukan penyemprotan disinfektan di tiap sudut ruangan di dalam masjid mulai dari ruang imam/khatib, lantai dalam dan luar, kaca, dan dinding tembok.

“Melalui penyemprotan disinfektan diharapkan dapat memutus rantai penyebaran virus korona di tempat ibadah,” katanya.

Dijelaskan anggota Komisi C DPRD Kota Bandung ini, kegiatan peduli terhadap COVID-19 ini program berkesinambungan dari DPD NasDem Kota Bandung, dengan menyediakan penyemprotan dan kemudian memberi bantuan sosial terkait ancaman COVID-19.

“Harapannya masyarakat jangan menganggap sepele dengan COVID-19 ini, dan tahu cara penanganannya. Dalam keadaan seperti ini, jati diri bangsa untuk bergotong royong menghadapi musuh bersama ini akan muncul sampai akhirnya nanti COVID-19 dapat dikalahkan bersama,” ucapnya.

Sementara itu, anggota Fraksi NasDem, Uung Tanuwidjaja, menambahkan, meski menjadi tugas pemerintah yang memberi jaminan kesehatan kepada masyarakat khususnya terhadap COVID-19. Namun mencegah penyebaran virus tersebut, itu harus dilakukan juga oleh semua pihak.

“Kemarin saya dibantu tim melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat ibadah, tapi kami tidak bisa menjangkau banyak tempat karena keterbatasan kami,” ujar Uung.

Selain itu, ia menambahkan permintaan tempat yang ingin disemprot sangat banyak. Meski demikian, lanjut Uung, Fraksi NasDem memberikan apresiasi kepada Pemkot Bandung atas langkah cepat yang telah dilakukan dalam penanganan COVID-19.

“Kami Fraksi NasDem mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan Pemkot untuk mencegah penyebaran virus ini, termasuk penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan di jalan-jalan protokol,” terangnya.

Terkait agar masyarakat dari tingkat atas ke bawah mendapatkan edukasi dan pemantauan serius, Uung mengungkapkan, Pemkot sudah menyediakan anggaran Rp75 miliar, namun sampai sekarang belum tersosialisasi apa saja yang dilakukan Pemkot Bandung. Padahal NasDem siap membantu, khususnya memberi perlindungan pada seluruh masyarakat di Kota Bandung yang belum dapat sentuhan dari pemerintah.

“Mereka butuh informasi dan edukasi yang benar agar tahu dan tidak menganggap enteng dengan penyebaran virus ini,” pungkasnya. (edi)

Baca Juga:  Solusi Tutupi Defisit JPS Covid-19 Terus Dicari