Saturday , 4 April 2020
Home » Politik » Dorong Silaturahmi, PDIP Kota Bandung Gelar Musabaqah Hifdzil Quran

Dorong Silaturahmi, PDIP Kota Bandung Gelar Musabaqah Hifdzil Quran

Ketua DPC PDIP Kota Bandung H. Achmad Nugraha Menyerahkan Piala MHQ 2020 Kepada Juara Ke-1 Kategori B (SLTA). (Jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG DPC PDI Perjuangan Kota Bandung menggelar Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ). Sebanyak 40 peserta tingkat SD, SMP dan SLTA sederajat, serta umum, turut berkompetisi guna mewakili DPC PDIP Kota Bandung, dalam mengikuti MHQ tingkat Jawa Barat, pada 22 Maret mendatang, yang akan diselenggarakan oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Barat.

Peserta Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, serta umum merupakan utusan dari masyarakat di Kota Bandung. Mereka berlomba untuk memperebutkan 3 piala juara masing-masing kategori.

Bacaan yang dilombakan di antaranya Juz 29 dan 30 untuk kategori SD dan SLTP-sederajat. Juz 1, 29 dan 30 untuk kategori SLTA-sederajat serta kategori umum juz 1 sampai juz 5.

MHQ tahun 2020 ini merupakan perlombaan yang diselenggarakan oleh DPC PDIP Kota Bandung, sebagai rangkaian HUT PDI Perjuàngan Ke-47. Ajang kompetisi ini berisi lomba, yaitu bidang sambung ayat, bacakan surah, tebak surah, hukum tajwid, fashohah kalimat dan adab, dan surah dan lagu.

MHQ secara resmi dibuka oleh Ketua DPC PDIP Kota Bandung H. Achmad Nugraha, di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Bandung, Minggu (23/2).

Disela kegiatan, Achmad menjelaskan, bahwa perlombaan ini merupakan ajang menyambung tali silaturahmi umat beragama, khususnya yang beragama Islam, di Kota Bandung. MHQ harus jadi penguatan adab yang baik bagi umat beragama.

Tujuan utama MHQ, lanjut Achmad, partai berupaya mengingatkan pada khalayak bagaimana masyarakat beragama. Khasanah keislaman tertata baik. Poin pentingnya, PDIP berupaya terdepan mempersatukan NKRI melalui tatanan beragama dengan baik, terciptanya sikap gotong royong demi mencapai kesejahteraan masyarakat dalam bingkai Pancasila.

“Perlombaan ini tidak sekedar mencari siapa yang terbaik, tidak pula hanya untuk memperebutkan piala. Kompetisi ini adalah ajang menyambung tali silaturahmi,” jelasnya.

Achmad menambahkan, MHQ juga merupakan sarana bagi siswa siswi dan masyarakat umum untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang Al-Quran. Selain itu, juga untuk membangun karakter positif dan akhlaqul karimah.

Wakil Ketua DPRD Kota Bandung ini membeberkan, antusiasme pelajar dan masyarakat sangat tinggi terhadap perlombaan ini. Di penyelenggaraan ini, jumlah peserta sangat menggembirakan. Pasalnya, waktu persiapan sangat mepet, hanya sekira dua minggu.

“Alhamdulillah jumlah peserta sesuai target. Sekolah dan masyarakat di Kota Bandung merespon dengan baik kompetisi ini,” ujar Achmad.

Siswa dari SD Pelita Buah Batu yang juga santri di SHQ di Jalan Kliningan, Faula Nurul Azizah (11), yang mengikuti lomba MHQ mengaku senang dan bangga bisa mewakili sekolahnya, meski tidak berlatih intensif mempersiapkan diri mengikuti lomba ini, karena waktunya memang cukup sempit.

“Alhamdulillah saya bangga bisa mewakili sekolah dan senang bisa ikut MHQ,” ujarnya.

Di akhir perlombaan, dewan juri yang terdiri dari juri l Trisna Ramdam W, juri ll Pikri Pahrudin dan juri lll Muhammad Zaenal M, memutuskan pemenang MHQ 2020 DPC PDIP Kota Bandung untuk Kategori A (SLTP), Juara l Putri Nur Haeti (MTs PPTQ As-Salam), Juara ll Muhammad Farhan M (Pondok Pesantren Habiburahman) dan Juara lll Khilda(MTs PPTQ As-Salam).

Pemenang Kategori B (SLTA), Juara l Syarifah Zifa Putri (MA’HAD MATAQU), Juara ll Azis Firmansyah (Rumah Tahfidz PRM As-Salamah) dan Juara lll M Zaki Al Fadhil (Rumah Tahfidz Qur’an An-Nur. Sementara untuk kategori C (Umum), diborong oleh UIN Bandung. Juara l Edi Juara ll Moni Apriyanti dan Juara lll Nuhamad Zulkifli. (edi)

Baca Juga:  PDIP Tarik Diri dari Pansus Kawasan Kumuh Kota Bandung