Jampidsus Sambangi Kejari Bandung, Ada Apa?

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Adi Togarisman mengunjungi kantor Kejaksaan Negeri Bandung, Senin (24/2). Kedatangannya berkaitan dengan pelaksanaan program zona integritas wilayah bebas korupsi (WBK) dan zona integritas wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

“Ke sini guna penguatan zona integritas WBK dan WBBM. Termasuk tadi ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan Kejari Cirebon,” tukas Adi. 

Zona integritas WBK merupakan predikat yang diberikan kepada satuan kerja yang memenuhi sebagian besar program manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan hingga akuntabilitas kinerja.

Sementara, zona integritas WBBM, yakni predikat yang diberikan kepada satuan kerja yang memenuhi sebagian besar program seperti di zona integritas WBK, termasuk penguatan kualitas pelayanan publik. 

“Yang saya sampaikan adalah soal konsep dasar bagaimana program WBK/WBBM berjalan di jajaran Kejati Jabar, karena perlu pemahaman fundamental agar program ini membuahkan hasil, tidak hanya label atau hanya euforia. Tapi harus dikaitkan dengan perkembangan institusi berkaitan dengan peran fungsinya,” tegasnya. 

Dalam sistem peradilan pidana, terangnya, peran jaksa dominan dalam penegakan hukum. Tidak hanya hukum pidana, namun juga menyangkut aspek hukum administrasi negara. Maka itu, terdapat istilah jaksa pengacara negara. Sehingga, program WBK/WBBM ini penting dalam rangka mengeliminir jaksa-jaksa nakal yang tidak sesuai dengan kaidah WBK/WBBM.

“Peran kejaksaan ini begitu fundamental dan luas serta dibutuhkan dalam perkembangan pemerintahan. Untuk mengimbangi hal itu perlu dinamika dengan program reformasi birokrasi, membangun zona integritas dengan WBK dan WBBM,” pungkasnya. (*)

Related posts