Tuesday , 31 March 2020
Home » Budaya » Disparbud Terus Genjot Kunjungan Wisnus

Disparbud Terus Genjot Kunjungan Wisnus

JABARTODAY.COM – BANDUNG Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Jawa Barat Dedi Taufik menyatakan, dalam kondisi saat ini, pihaknya terus berupaya menggenjot kunjungan wsiatawan untuk datang ke Jawa Barat.

Meski wisatawan mancanegara saat ini tidak menjadi target, pihaknya mencoba membuat pengalihan dengan sasaran wisatawan nusantara (wisnus).

Hal tersebut disampaikan Dedi terkait santernya isu virus korona di Indonesia.

“Target wisatawan kita harus terus ditingkatkan ya. Dalam situasi sekarang kita harus mengalihkan, untuk wisnus (wisatawan  nusantara) kita berdayakan,” ucapnya, di Bandung, Senin (9/3).

Untuk meningkatkan animo kunjungan wisatawan nusantara, dikatakan Dedi, pihaknya sudah melakukan pembenahan di beberapa destinasi wisata, seperti  diantaranya Curug Malela (Cililin), Curug Cinulang (Cicalengka) dan Waduk Darma (Kuningan). Selain itu, menurut Dedi, beberapa program yang sudah dilaksanakan di tahun 2019, yakni pembangunan kepariwisataan, pusat budaya, festival dan ekonomi kreatif, beberapa diantaranya akan dilanjutkan pada program kerja tahun 2020 ini, termasuk Pangandaran dan rencana pembenahan Situ Bagendit dengan dana bersumber dari APBN.

“Program 2020, yakni penuntasan program yang sudah landing ditahun 2019, pembangunan pariwisata tipe satu, dua, dan tiga. Kemudian juga pusat-pusat budaya, penyelesaian ekonomi kreatif. Kemudian beberapa festival, ada 167 festival yang sudah dilaunching, baik berbasi alam, sport kemudian yang berkaitan dengan culture maupun MICE,” ungkap Dedi.

Dia menambahkan, Jawa Barat mempunyai banyak destinasi berbasis alam yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Meski adanya kekhawatiran terkait korona, Dedi menjamin Jawa Barat tetap akan melayani kunjungan wisatawan nusantara yang datang berkunjung ke Jawa Barat.

“Kita inginkan datang ke Jawa Barat, terutama menikmati alam Jawa Barat yang betul-betul bersahabat, karena memang destinasi alam di Jawa Barat banyak. Khawatir perlu, kekhawatiran kehati-hatian, tapi Jawa Barat intinya untuk wisnus kita siap melayani kunjungan wisata yang datang ke Jawa Barat,” pungkasnya. (*)

Baca Juga:  Suara Angklung Tandai Jabar Someah