Didesak Mahasiswa, DPRD Kota Bandung Sepakat Tolak UU Omnibus Law

Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Edwin Senjaya Menandatangani Spanduk Penolakan Undang Undang Omnibus Law. (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Aksi unjuk rasa ratusan orang yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Bandung menolak Undang Undang Omnibus Law/Cipta Kerja di depan Gedung DPRD Kota Bandung, Rabu (7/10/2020), akhirnya didengarkan.

Meski sempat berjalan alot, Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Edwin Senjaya memutuskan berbaur dan menemui massa mahasiswa yang berada di depan gedung.

Dalam pertemuan dengan massa pengunjuk rasa, juru bicara mahasiswa meminta DPRD Kota Bandung untuk menolak pengesahan UU yang dianggap kontroversial dan bermasalah tersebut.

“Mereka meminta bukti kalau DPRD Kota Bandung akan berkirim surat ke DPR dan DPRD Provinsi, serta pihak terkait lainnya. Apa pesan yang akan kita kirim,” tanya salah satu mahasiswa kepada Edwin Senjaya.

Pernyataan mereka pun ditimpali oleh Edwin yang mengatakan jika pihaknya akan berkomitmen dan bertanggung jawab untuk meneruskan aspirasi mahasiswa serta sama-sama sepaham untuk menolak terhadap UU yang dianggap bermasalah tersebut.

Baca Juga

“Saya akan bertanggungjawab untuk meneruskan sikap mahasiswa dan akan mendesak pihak terkait agar bisa dilakukan pembatalan undang-undang cipta kerja,” ujar Edwin kepada mahasiswa.

Lantaran tak merasa puas dengan apa yang diucapkan Edwin, mahasiswa akhirnya meminta pernyataan sikap atas nama DPRD Kota Bandung, untuk menolak UU Omnibus Law.

“Kami butuh jawabannya sekarang juga dalam bentuk penolakan secara tertulis,” tukas mahasiswa.

Karena merasa didesak mahasiswa, Edwin akhirnya menuruti permintaan mahasiswa. Dia kemudian membuat nota kesepakatan tertulis untuk menyatakan sikapnya.

“Ini sudah menjadi otoritas saya. Saya menolak Undang-Undang Cipta Kerja, ini aspirasi mahasiswa kota Bandung. Yang kami bisa lakukan meneruskan apa yang jadi aspirasi mahasiswa. Pada kesempatan ini disepakati nota bersama agar bisa diteruskan aspirasinya,” ucapnya. (*)

Related posts