Saturday , 7 December 2019
Home » Regional » bjb-Kejati Resmi Berkolaborasi

bjb-Kejati Resmi Berkolaborasi

 

Bank BJB
Bank BJB

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Tekad meningkatkan kinerja, tidak hanya secara bisnis, tetapi juga citra, terus dikumandangkan  PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk atau bank bjb. Beberapa upaya  dilakukan lembaga perbankan milik BUMD Jabar-Banten tersebut yaitu melakukan sejumlah kerjasama. Kerjasama itu tidak hanya dalam bentuk bisnis, tetapi juga mendorong terciptanya Good Corporate Governance (GCG).

Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko bank bjb Zaenal Aripin mengatakan, meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik dapat menciptakan iklim kerja yang transparan. “Juga akuntabel, efisien, dan efektif sehingga dapat membuat kepercayaan publik meningkat,” ujar Zaenal, belum lama ini.

Salah satu bentuk upaya meningkatkan tata kelola perusahaan, ungkapnya, yaitu menjalin kerjasama dengan lembaga hukum, yaitu Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Menurutnya, kerjasama antara bank bjb dan Kejati Jabar dapat membuat tata kelola perusahaan kian positif. Hal itu pun, katanya, sesuai tujuan perusahaan.

Tidak itu saja, lanjut dia, kerjasama ini memiliki manfaat besar dalam hal mitigasi resiko, yang merupakan antisipasi terjadinya berbagai hal yang dapat berefek negatif bagi bank bjb. Zaenal berpendapat, kesepakatan dengan Kejaksaan Tinggi Jabar pun kian memperkuat pola kerjasama lainnya yang digulirkan bank bjb. Sebelumnya, tutur Zaenal, pihaknya bekerjasama Badan Pengawas Keuangan Pembangunan dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Di tempat yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar Feri Wibisono menegaskan, berdasarkan kesepakatan itu, pihaknya siap mendampingi bank bjb. Namun, ujarnya, pendampingan itu bukan dalam hal hukum pidana, melainkan perdata dan tata usaha negara.  “Jika bank bjb memberi kami kuasa untuk mengatasi permasalahan kredit, kami siap membantu mereka (bjb). Bentuknya, menindak debitur-debitur bermasalah, seperti melakukan penagihan dan memberikan konsultasi hukum,” urai Feri.

Sementara itu, Asisten Daerah IV Bidang Administrasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menilai upaya yang dilakukan bank bjb sebagai langkah yang positif. “Kami sangat mengapresiasi bank bjb. Sejauh ini, mereka melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik. Karenanya, kami yakin tata kelola bank bjb semakin baik. Soalnya, sumber daya manusia (SDM) bank bjb mendapat pembekalan dan arahan Kejaksaan Tinggi Jabar,” paparnya. (ADR)