Asyik, Warga Bisa Nyoba Kereta Cibatu-Garut

JABARTODAY.COM – BANDUNG Rencana diaktifkannya kembali jalur kereta api Cibatu-Garut disambut hangat masyarakat. Pengaktifan jalur tersebut dinilai bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar, lantaran kemudahan akses transportasi.

Maka itu, warga Garut dan sekitarnya dapat ikut merasakan perjalanan kereta api di lintas Cibatu-Garut secara cuma-cuma alias gratis pada Kamis (24/2/2022). Perjalanan uji coba gratis ini merupakan inisiasi dan permintaan dari Pemerintah Kabupaten Garut yang akhirnya bisa diakomodir setelah dilakukan perhitungan atas beberapa hal teknis yang ada.

Meski begitu, tidak seluruh warga Garut dan sekitarnya bisa mengikuti perjalanan uji coba gratis ini, hanya warga yang memeroleh undangan terbatas dari PT Kereta Api Indonesia.

“Kebijakan uji coba bagi warga masyarakat melalui undangan terbatas ini kami ambil terkait dengan adanya pembatasan penumpang pada masa pandemi dan menghindari terjadinya penyebaran Covid-19,” ujar Manager Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung Kuswardoyo, saat dihubungi, Rabu (23/2/2022).

Kuswardoyo menerangkan, warga yang ingin ikut perjalanan ini bisa mendaftarkan diri ke kewilayahan di Kabupaten Garut. Namun begitu, dia menekankan, pihaknya hanya membatasi 200 orang untuk perjalanan uji coba besok.

Berita Terkait

“Hal ini guna mengantisipasi dikarenakan adanya pembatasan penumpang dan tidak terjadi kerumunan di stasiun. Sehingga calon penumpang tidak bisa datang langsung berangkat, tapi mereka yang sudah terdata terlebih dahulu yang bisa ikut,” papar Kuswardoyo.

Perjalanan kembali KA di lintas Cibatu-Garut yang pernah beroperasi dari 1889-1983, menjadi momen yang sangat dinanti oleh warga Garut khususnya.

Perjalanan uji coba gratis akan menggunakan rangkaian yang terdiri dari 7 K3 dan 1KMP3 yang nantinya akan digunakan untuk melayani perjalanan dari Garut ke Pasar Senen.

“Perjalanan KA dari Garut-Cibatu dan sebaliknya adalah perjalanan uji coba bukan launchingpengoperasian KA. Perjalanan uji coba selanjutnya akan kami informasikan setelah ada evaluasi terkait perjalanan uji coba yang besok akan dilakukan,” tukas Kuswardoyo.

Adapun jadwal perjalanan uji coba pada Kamis 24 Februari 2022 sebagai berikut :

No Klb D2/ 11105

Berangkat Garut

09.00

Sampai  Cibatu

09.47

No. Klb D2/11152

Berangkat Cibatu

10.15

Sampai Garut

11.02

No Klb D2/11107

Berangkat Garut

11.30

Sampai Cibatu

12.17

No Klb D2//11154

Berangkat Cibatu

12.45

Sampai Garut

13.32

 

Bagi  para pengguna KA pada masa uji coba tersebut, tetap diharuskan menyertakan bukti vaksin minimal tahap pertama bagi yang berusia diatas 12 tahun. Namun, syarat vaksin tersebut tidak berlaku bagi anak-anak yang berusia dibawah 12 tahun.

“Mengenai rencana pengoperasian lintas Cibatu-Garut secara resmi, sampai saat ini kami masih menunggu izin operasi yang masih terus berproses,” kata Kuswardoyo.

Selain itu, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tidak terpancing terkait adanya penawaran kerja di stasiun Garut dan sekitarnya. Saat ini, ditegaskan dia, KAI tidak melakukan rekrutmen pegawai khusus untuk penempatan di wilayah Garut.

“Kami tidak pernah menugaskan pegawai kami untuk melakukan rekrutmen secara door to door, atau melalui program perekrutan lainnya, semua rekrutmen hanya melalui situs kai: recruitment.kai.id,” pungkasnya. (*)

Related posts