Home » Headline » Pengklaiman Aset Rugikan PT KAI Puluhan Miliar Rupiah

Pengklaiman Aset Rugikan PT KAI Puluhan Miliar Rupiah

PT Kereta Api Indonesia (Persero)

PT Kereta Api Indonesia (Persero)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Vice President Aset Wilayah Barat PT KAI, Mateta Rizaulhaq, tidak membantah adanya kabar yang menyebutkan bahwa hingga kini lahan-lahan dan aset-aset milik PT Kereta Api Indonesia bermasalah. Itu terjadi karena banyaknya lahan dan aset PT KAI, tidak hanya dihuni, tetapi juga diklaim pihak lain.

“Secara nominal rupiah, kami mengalami kerugian yang tidak sedikit,” ujarnya di Bandung, Jumat (4/10).

Dampak pengklaiman aset, baik lahan maupun bangunan, serta rumah dinas oleh pihak lain itu, sebut Mateta, kerugiannya mencapai puluhan miliaran rupiah per tahun. Dijelaskan, diantara aset itu, ada yang nilai penyewaannya tidak sesuai harga pasar.

Mateta menyebut, di Kota Bandung, ada beberapa kawasan yang semestinya berkontribusi bagi pendapatan PT KAI. Antara lain, Jalan Trunojoyo, Jalan Jawa, Jalan Elang, dan beberapa titik lainnya. Aset-aset itu berlokasi di pusat kota yang strategis. Tentunya, sewanya pun cukup tinggi. “Sayangnya, sejauh ini harga sewanya tergolong murah,” ungkap Mateta.

Setiap tahun, imbuh Mateta, aset non-produktif terus menyusut. Karenanya, PT KAI akan terus melakukan pengamanan dan penertiban. Itu supaya, terangnya, aset tersebut dapat kembali berfungsi seperti seharusnya sekaligus berkontribusi bagi PT KAI. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.