Uu Klaim Pemprov Jabar Sudah Anggarkan Pembangunan Ekonomi untuk Nelayan

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum beraudiensi sekaligus memberikan bansos kepada para nelayan yang terdampak Covid-19, di Kantor Kepala Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, Jumat (17/7/2020). (foto: humas jabar)

JABARTODAY.COM – SUBANG Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum beraudiensi sekaligus memberikan bantuan sosial kepada para nelayan terdampak pandemi Covid-19, di Kantor Kepala Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, Jumat (17/7/2020).

Uu mengatakan, kedatangannya merupakan wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Jabar terhadap nelayan, khususnya di Subang. Selain itu, pihaknya sekaligus mengevaluasi proses pemberian bansos provinsi yang diberikan untuk kelompok masyarakat nelayan.

“Mari kita tingkatkan kesejahteraan nelayan, peduli terhadap nelayan,” ucap Uu.

Di tahun 2021, Uu menuturkan, bahwa Pemprov Jabar sudah menganggarkan pembangunan ekonomi lewat Kelompok Usaha Bersama (KUB), termasuk bagi para nelayan di Jabar. Nantinya, Pemprov akan membantu Rp30 juta untuk masing-masing warung per kecamatan di 10 KUB.

“Jadi nelayan ini diusahakan ada (misalnya) sebuah warung, di mana warung tersebut memenuhi kebutuhan nelayan yang ada,” cetus Uu.

Baca Juga

Dalam audiensi tersebut, Kang Uu juga mencatat apa yang menjadi keresahan para nelayan yakni terkait breakwater (pemecah gelombang) karena abrasi yang menyulitkan mencari ikan, permasalahan sodetan, hingga keinginan nelayan mempunyai perahu dengan solar system.

Selain itu, dengan berbagai program bantuan pendidikan bagi anak pelaku utama perikanan, dirinya berpesan kepada para nelayan untuk memperhatikan pendidikan bagi anak-anaknya sebagai bekal meningkatkan ekonomi kelompok masyarakat nelayan. (*)

Related posts