Tulis Surat untuk Kuatkan Siswa ditengah Pandemi

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG Menguatkan sekaligus memotivasi siswa ditengah pandemi Covid-19 menjadi tujuan SMP Darul Hikam menyelenggarakan TOP XIX, yang kali ini berwujud kompetisi MIPA Terintegrasi dan Literasi Tingkat SD/MI se-Nasional.

Kepala SMP Darul Hikam Luqman Amin menerangkan, mengingat kompetisi berlangsung ditengah pandemi virus corona baru, maka konsep tahun ini berbeda dibanding sebelumnya.

“Biasanya kompetisi ini sebagai ajang pra ujian nasional, sehingga kita mengasah empat mata pelajaran yang diujikan. Namun karena sekarang ujian nasional ditiadakan, kita ubah menjadi agak berbeda,” ujar Luqman, di SMP Darul Hikam, Jumat (29/1/2021).

Untuk lomba literasi, siswa dibebaskan untuk menulis surat, bernyanyi, dan puisi, yang isinya menyemangati teman-teman mereka untuk tetap kuat ditengah pandemi sekarang ini. Ajang ini diselenggarakan untuk tetap menjaga jiwa kompetisi para siswa.

“TOP ingin menyemangati siswa yang lain agar tetap kuat ditengah pandemi. Apalagi siswa sudah kangen untuk sekolah tatap muka setelah hampir setahun belajar daring,” cetusnya.

Baca Juga

Karena dilakukan secara virtual, maka cakupan peserta menjadi lebih luas. Bukan hanya dari Jawa Barat, ajang ini diikuti oleh 400 peserta yang berasal dari 110 sekolah dasar di Indonesia, diantaranya Ambon, Surabaya, Lamongan, hingga Kalimantan. Luqman mengungkap, lomba yang berlangsung sejak 25-29 Januari diikuti oleh siswa kelas 6 SD, lantaran menjadi persiapan untuk masuk ke SMP.

“Ini juga untuk menjaring siswa terbaik untuk masuk ke SMP Darul Hikam. Untuk juara pertama mendapat potongan biaya 100 persen, kedua 75 persen, dan ketiga 50 persen, saat masuk ke SMP Darul Hikam,” ungkapnya. (*)

Related posts