Super Parents, Cara Unik Berbagi Motivasi untuk Siswa

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG SMP Darul Hikam menggelar Super Parents (orangtua super) yang diikuti sebanyak 406 siswa dan karyawan maupun guru SMP Darul Hikam, Selasa (15/12/2020).

Dalam kegiatan ini ada salah seorang guru tamu atau orangtua siswa, yakni Riema Afriani Kusumadewi. Dia mengatakan, Super Parents merupakan kegiatan berbagi motivasi dari orangtua kepada peserta didik. SMP Darul Hikam telah memilih sejumlah sosok untuk dijadikan panutan (role model) bagi siswa-siswa mereka. Kedepannya, peserta didik bisa mengambil contoh dari kisah sukses dari orangtua yang menyampaikan materi tersebut.

“Contoh orangtua yang sukses itu sebetulnya indikatornya banyak, ada yang sukses di pekerjaan, pendidikan, dari usahanya dan lainnya. Kalau diambil dari pendidikan, misalnya pendidikannya sudah S3. Kalau dari usaha, mungkin orang tua banyak memiliki dari segi bisnis, atau dari jabatannya di pemerintahan itu juga bisa menjadi role model. Jadi intinya anak-anak ini bisa menjadi orangtua tersebut,” jelasnya.

Dia mengklaim, respon dari anak-anak tersebut terhadap acara ini cukup baik. Mereka terinspirasi oleh orangtua yang menjadi pembicara dalam acara tersebut, sehingga banyak bertanya dan termotivasi.

“Cukup baik siswanya. Kendalanya karena kegiatan ini daring. Kalau daring itu kendalanya di jaringan. Misalnya, ada siswa yang bertanya tidak terdengar. Tapi antusiasnya cukup bagus, mereka aktif, mereka masih malu-malu, mereka nanyanya tidak secara langsung, tapi di chatting room,” imbuhnya.

Baca Juga

Dia berharap seluruh siswa SMP Darul Hikam lebih termotivasi dan miliki keinginan yang tinggi untuk menggali lebih dalam potensi mereka.

“Mereka itu bisa melakukan hal-hal yang terbaik dan lebih giat, tekun supaya mereka bisa meraih cita-cita,” ucapnya.

Salah seorang guru SMP Darul Hikam, Danis Wijaksana menambahkan, Super Parents ini merupakan agenda unggulan dan rutin dilaksanakan setiap tahun. Ada tiga pokok yang utama, yakni dalam salah satu pilar kegiatan siswa di SMP Darul Hikam itu terdapat peningkatan dan motivasi bagi siswa.

Kemudian, pihaknya ingin bersinergi dengan orangtua. Pasalnya, orangtua adalah guru utama siswa di rumahnya masing-masing. Terakhir, pihak sekolah ingin memberikan wawasan baru kepada siswa, sehingga kedepannya mereka akan merancang dan meniti cita-citanya.

“Kehadiran orangtua itu salah satunya untuk mengarahkan, memberikan pandangan dalam memilih cita-cita. Makanya disajikan oleh orangtua dalam kegiatan ini berkaitan dengan profesi mereka masing-masing,” jelas Danis.

Dia menyampaikan setiap tahunnya kegiatan ini pasti dilakukan. Sebelum pandemi Covid-19, dia mengutarakan, para orangtua datang ke sekolah, sehingga mengetahui atmosfer saat kegiatan belajar mengajar dilakukan.

“Tapi karena sekarang pandemi, jadi kami mencoba melakukan secara virtual, mudah-mudahan esensinya tidak berkurang,” pungkasnya. (*)

Related posts