Tokoh Lintas Agama Berkumpul di Katedral

  • Whatsapp
Para tokoh antar umat beragama saling berkumpul untuk menjalin kebersamaan di Gereja Katedral Santo Petrus, Selasa (25/12).

JABARTODAY.COM – BANDUNG Menyambut Hari Natal 2012, Forum Silaturahmi Umat Beragama Kecamatan Sumur Bandung mengadakan acara di Gereja Katedral Santo Petrus Bandung, Selasa (25/12). Acara tersebut dihadiri oleh para tokoh lintas agama, baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha. Selain itu, Walikota Bandung Dada Rosada dan Calon Gubernur Jawa Barat Dikdik Mulyana Arif Mansyur, juga hadir.

Dalam sambutannya, Uskup Katedral Romo Leo Van Beurden, menyambut gembira pertemuan tersebut, karena dapat mewujudkan sesuatu yang diinginkan masyarakat. “Walaupun suku berbeda-beda, tapi kita tetap pada satu tujuan, yaitu kesejahteraan,” katanya.

Dirinya juga menambahkan, bahwa dunia luar bisa melihat kalau kerukunan antar umat beragama dapat diwujudkan dan itu terbukti pada hari ini. “Kalau kita bisa. Kita buktikan. Peristiwa ini menjadi momen kesejahteraan masyarakat ke depannya,” ucapnya.

Sementara itu, Dada Rosada menyebut, bila pertemuan terbuka lintas agama sesuai dengan peran Kota Bandung sebagai kota Bermartabat dan jasa. “Setiap perbedaan menjadi tempat tumbuh dan kembang yang damai. Sejalan dengan makna misi Kota Bandung, Bermartabat,” tuturnya.

Dirinya juga menambahkan, kalau ada proses permusuhan, semisal dirinya dengan umat Kristen, akan membuat susah dirinya, apalagi bila nantinya membutuhkan bantuan. “Malaikat dan Allah sedang menyaksikan umat beragama saling berkumpul,” ujarnya.

Acara itu bertema Hidup Rukun dan Damai Memantapkan Bandung Kota Agamis. Mengenai kota agamis, Dada mengaku telah melakukannya beberapa tahun lalu. Bandung Agamis adalah rumah bagi Islam dan non-Islam. Bandung Agamis adalah Sunda dan non-Sunda. Dan Bandung Agamis adalah miniatur Negara Kesatuan Republik Indonesia. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts