Siswa SMAN 1 Lembang Dapat Pelatihan Mitigasi Bencana

Siswa SMAN 1 Lembang mendapat pelatihan mitigasi bencana dan pelatihan bantuan hidup dasar dari tim Pengabdian Masyarakat FK Unjani.

JABARTODAY.COM – BANDUNG Siswa dan siswi SMA Negeri 1 Lembang memeroleh pelatihan mitigasi bencana dari tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani, belum lama ini.

Ketua Tim Pengmas FK Unjani Terri Sandi mengatakan, acara ini disambut baik oleh siswa-siswi SMAN 1 Lembang yang sangat antusias dalam berdiskusi dan mengikuti simulasi gempa bumi.

Read More

“Ada juga sosialisasi berupa pemberian dasar teori seputar bencana dan simulasi gempa bumi yang dibawakan oleh narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat,” ujar Terri, dalam rilis yang diterima awak media, Rabu (23/3/2022).

Tak hanya itu, tim Pengmas yang dipimpin dirinya memberikan pelatihan bantuan hidup dasar (BHD) agar para siswa dapat memberikan pertolongan pertama jika menemukan orang yang tidak sadar disertai henti nafas dan henti jantung.

“Kegiatan ini berupa pemberian teori pertolongan pertama kasus henti jantung dan pelatihan resusitasi jantung paru (RJP),” ungkap Terri.

Dia mengemukakan, pelatihan tersebut dibantu oleh para dokter muda FK Unjani dari Departemen Gawat Darurat sebagai instruktur bagi para siswa ketika mencoba mempratikkan tindakan RJP pada manekin.

Sebelumnya, Kepala Pusat Riset dan Publikasi FK Unjani Siska Telly Pratiwi bersama Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Lembang Nandang Nugraha, membuka langsung kegiatan yang dihadiri oleh para guru serta pegawai SMAN 1 Lembang. (*)

Related posts