Satlak Penanggulangan Bencana Akan Segera Dibentuk

  • Whatsapp
Kepala Seksi Kerja Sama Kebencanaan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Imanuel Situmorang (foto: humas kota bandung)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Pemerintah Kota Bandung tengah menyiapkan pembentukan Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana. Satlak ini akan terbentuk di level kecamatan dan kelurahan.

Kepala Seksi Kerja Sama Kebencanaan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Imanuel Situmorang menerangkan, pembentukan satlak ini untuk membantu tugas penanganan kebencanaan di Kota Bandung. 

“Aparat kewilayahan mulai dari kecamatan hingga kelurahan kita undang FGD (Focus Group Discussion). Karena teman-teman di kewilayahan akan membentuk unit operasional dan unit pelaksana satuan pelaksana penanggulangan bencana,” ucap Iman, di Taman Dewi Sartika, Kamis (1/4/2021).

Iman menuturkan, Satlak Penanggulangan Bencana ini akan menjadi tambahan sumber daya manusia (SDM) guna membantu penanganan kebencanaan di Kota Bandung. Mengingat, di Kota Bandung belum terdapat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD).

“Tujuannya nanti membantu kami dalam hal penanganan kebencanaan yang saat ini masih belum optimal. Karena ketika berbicara tentang Satlak itu harus betul-betul menjadi institusi yang menjadi jawaban Kota Bandung belum memiliki BPBD tapi bisa memiliki Satlak,” jelasnya.

Baca Juga

Iman menyerahkan sepenuhnya kepada kelurahan dan kecamatan untuk pemilihan SDM yang akan tergabung di Satlak Penanggulangan Bencana ini. Selanjutnya, para anggota Satlak akan diberikan pelatihan khusus oleh Diskar PB dan lembaga lain terkait penanggulangan kebencanaan.

Aspek yang dibutuhkan, lanjut Iman, berkenaan dengan penanganan prabencana, tanggap darurat dan pascabencana. Sehingga penanganan kebencanaan di Kota Bandung bisa lebih sigap dan tanggap.

“Kita optimis dengan apa yang akan dilakukan ini. Karena berdasarkan pengalaman kami berkunjung di kabupaten kota lain tentang kelembagaan yang mereka miliki yaitu BPPD. Saya kira itu bisa diimplementasikan melalui kelembagaan Satlak,” ungkapnya.

Iman menyebut, di April 2021 ini pihaknya akan mengakselerasi segala keperluan untuk pembentukan Satlak Penanggulangan Bencana. Karena sejak FGD, sepanjang Maret lalu dari kewilayahan terus intensif menjalin koordinasi dan semakin mengerucut.

“Akan sangat efektif jika ini sudah terbentuk dan terlaksana. Dalam waktu dekat ini akan ada pertemuan akhir. Targetnya mudah-mudahan tahun ini sudah bisa terbentuk,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait