Polda Jabar Ringkus Anggota KPK Gadungan

JABARTODAY.COM – BANDUNG Modus menggunakan nama Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menakut-nakuti orang, dan mendapatkan keuntungan, masih menjadi andalan bagi sejumlah oknum. Terbukti, Polda Jawa Barat menangkap seseorang berinisial Ir, yang mengatasnamakan lembaga anti rasuah itu demi keuntungan pribadinya.

“Ada seorang yang mengaku sebagai petugas KPK, menakut-nakuti seseorang dan mengaku berdinas di Bagian Pengaduan Masyarakat, serta bisa menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi korbannya tersebut,” tutur Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Anton Charliyan, di Mapolda Jabar, Jumat (30/12).

Pria asal Bekasi itu, dikatakan Anton, meminta sejumlah uang kepada korbannya yang totalnya hampir Rp 1,2 miliar. Uang tersebut diberikan secara bertahap, yakni Rp 600 juta dan Rp 575 juta. Yang bersangkutan menjanjikan dapat menyelesaikan permasalahan hukum yang menimpa korbannya. “Jadi, karena mengaku sebagai anggota KPK, yang bersangkutan menyatakan bisa menyelesaikan kasus yang sedang menimpa korban,” papar Anton.

Sementara itu, Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat KPK Ranu Mihardja mengungkap, pemerasan yang dilakukan tersangka itu berkaitan erat dengan kasus suap yang menimpa Bupati Subang nonaktif Ojang Sohandi. Korban ini pernah memberikan uang pada Ir, agar kasus tersebut tidak berjalan. Kenyataannya, kasus itu berjalan hingga ke tingkat pengadilan. “Bahkan, yang bersangkutan membawa-bawa nama kepolisian dan kejaksaan,” imbuh Ranu.

Beberapa orang korbannya menyerahkan uang secara bertahap kepada petugas KPK gadungan tersebut, agar tidak terseret dalam kasus Ojang. Yang bersangkutan memperlihatkan kartu identitas KPK kepada orang-orang yang diperasnya. “Jadi modusnya, yang bersangkutan seolah-olah menyampaikan laporan yang dibuat ke KPK, dan telah diterima. Kemudian, hasil laporan itu dikembalikan kepada korban, dan berjanji bisa mengurus,” papar Ranu.

Ir sendiri diketahui pernah menjadi saksi dalam persidangan Ojang Sohandi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung. Dalam kesaksiannya, pria yang tak memiliki pekerjaan tetap itu pernah menakut-nakuti Bupati Subang tersebut dengan mengaku-aku sebagai anggota KPK.

Saat ini, Ir ditahan di sel Mapolda Jabar. Dirinya dikenakan Pasal 372 dan Pasal 378 tentang Penipuan, yang ancaman hukumannya hingga lima tahun penjara. (vil)

Related posts