Tempatnya Pramuka di Tengah Masyarakat

Ketua Kwarcab Kota Bandung Yossi Irianto menyematkan pin dalam apel kesiapan, di Taman Pramuka, Jumat (30/12). (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Ribuan Pramuka Kota Bandung akan membantu pengamanan dan kebersihan Kota Bandung saat perayaan pergantian tahun di 30 kecamatan, Sabtu (31/12) esok.

Di tiap-tiap kecamatan, para pramuka akan bergerak di bawah komando Ka Kwaran (camat), serta kepolisian dan TNI. Hal itu dikatakan Ketua Kwarcab Kota Bandung Yossi Irianto, usai memimpin Apel Kesiapan Pramuka untuk Pengamanan dan Gerakan Kebersihan Pergantian Tahun 2016-2017, di Taman Pramuka Kota Bandung, Jumat (30/12).

Yossi menjelaskan, Pramuka itu tempatnya di tengah-tengah masyarakat. Maka, kontribusi utama Pramuka kepada masyarakat. Sehingga, sahut Yossi, saat berikan arahan pada perwakilan pramuka gugus depan di 30 kwartir ranting, Pramuka diharapkan memiliki dedikasi tinggi terhadap bangsa dan negara. “Konteks bela negara saat ini tentu bukan lagi mengangkat senjata. Melainkan, memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” tutur Yossi.

Pada apel tersebut, secara simbolis Yossi menyerahkan pasukan kepada pihak TNI dan kepolisian di tingkat kecamatan untuk dipandu agar melaksanakan tugas dengan tertib dan sistematis. Secara simbolis pula, Yossi menyematkan pin dan kantung plastik sampah sebagai tanda dimulainya gerakan kebersihan dan keamanan di tengah perayaan Tahun Baru 2017.

Pramuka Kota Bandung hari ini tengah berupaya untuk meningkatkan performa organisasi. Dalam waktu dekat, akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan agar menjadikan Pramuka tidak hanya sebatas kegiatan ekstrakulikuler. Diupayakan, para siswa bisa mengikuti kegiatan pramuka di hari Jumat atau Sabtu.

“Mudah-mudahan ini bisa meminimalisasi tingkat kenakalan remaja, penyebaran HIV, dan lain sebagainya. Tentunya, kita juga bekerja sama dengan berbagai pihak,” tutup Yossi. (koe)

Related posts