PERADI Harapkan Advokat Tetap Pegang Teguh Prinsip dan Etika

Wakil Ketua DPC PERADI Kota Bandung Dr (HC) Mohamad Ali Nurdin SH MH MKN CLA CLI, saat Pembekalan Advokat PERADI di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Kamis (24/2/2022). (jabartoday/avila dwiputra)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Sebanyak 600 orang advokat mengikuti pembekalan yang diselenggarakan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI). Mereka merupakan para advokat yang baru saja dilantik dan akan terjun langsung ke dunia kerja sesungguhnya.

Wakil Ketua DPC PERADI Kota Bandung Dr (HC) Mohamad Ali Nurdin SH MH MKN CLA CLI mengatakan, pembekalan ini akan diberikan langsung oleh Ketua Umum PERADI Prof Otto Hasibuan.

“Pembekalan ini merupakan kiat dan langkah-langkah setelah para advokat ini memiliki kantor hukum sendiri dan terjun langsung di masyarakat, dengan tetap memegang teguh prinsip-prinsip maupun etika bahwa advokat sama seperti penegak hukum lainnya, yakni kepolisian, kejaksaan, dan hakim,” papar Ali, di sela Pembekalan Advokat PERADI Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Barat, di Hotel Intercontinental, Kota Bandung, Kamis (24/2/2022).

Ali yang bertindak sebagai salah seorang pembicara akan menekankan soal etika dan moral sebagai advokat. Terlebih, dia mengaku, profesi advokat di mata masyarakat saat ini tengah kurang baik. Maka itu, pihaknya ingin mengubah paradigma yang ada di masyarakat sekarang ini.

“Jadi bila advokat tetap memegang kuat etika, prinsip, dan moral yang juga terdapat dalam undang-undang mengenai advokat, profesi advokat akan tetap mulia di masyarakat,” ujar Ali.

Berita Terkait

Ali berharap, dari acara ini akan muncul advokat-advokat yang memiliki kompetensi dan berintegritas tinggi. Terlebih, kata dia, menjadi seorang advokat merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Harapannya muncul pengacara-pengacara tangguh dan memiliki mental yang kuat. Dan kita para pengacara tidak akan pernah membeda-bedakan siapa klien kita, karena menjadi pengacara merupakan bentuk pengabdian,” tegas Ali.

Masa pandemi sekarang ini, Ali menyatakan, advokat tidak berhenti bergerak dalam membantu masyarakat terdampak. Pihaknya, diutarakan dia, terjun langsung memberikan bantuan sosial kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kita juga memberikan vaksin gratis kepada masyarakat. Kita pun melakukan pemberian bantuan sembako ke masyarakat yang membutuhkan, terutama yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini,” ungkap Ali. (*)

Related posts