Wednesday , 3 June 2020
Home » Politik » PDIP Tarik Diri dari Pansus Kawasan Kumuh Kota Bandung

PDIP Tarik Diri dari Pansus Kawasan Kumuh Kota Bandung

RDP Komisi C Bersama Mitrakerja Terkait Membahas Kisruh Eksekusi Rumah Deret Taman Sari (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Bandung secara resmi menarik diri dari finalisasi Pansus I DPRD Kota Bandung, yang sedang membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang kawasan kumuh Kota Bandung.

Sikap tersebut merupakan buntut dari kisruh eksekusi kawasan kumuh di RW 11 Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, guna mewujudkan ambisi proyek rumah deret.

Untuk itu, anggota Fraksi PDI-Perjuangan Folmer Silalahi dengan tegas menyebutkan, seharusnya kebijakan eksekusi rumah deret Tamansari, memertimbangkan kinerja Pansus I, yang sudah akan menuntaskan pembahasan Raperda Kawasan Kumuh Kota Bandung, sehingga eksekusi memiliki dasar hukum yang jelas.

“Fraksi PDI Perjuangan menarik anggota Fraksi dari finalisasi Pansus ini karena tindakan sepihak. DPKP3 tidak berkoordinasi dengan pansus. Tindakan itu sangat ceroboh, sehingga kami tidak mau terlibat dalam suatu tuntutan hukum yang akan merugikan kami,” tegas Folmer, dalam RDP Komisi C bersama mitra kerja terkait kisruh Proyek Rumah Deret Taman Sari, di Gedung DPRD Kota Bandung, Senin (16/12).

Folmer menjelaskan, bahwa dari kronologis tahapan Pansus I yang sudah berjalan, pihaknya merasa Pansus sudah bekerja secara baik dan berjalan sebagaimana mestinya, namun tugas itu dicederai oleh sikap Pemkot yang melaksanakan eksekusi kawasan kumuh Tamansari, tanpa memerhatikan sinkronisasi fakta lapangan dan regulasi yang sedang dibahas dewan, hingga dampaknya jadi isu pelanggaran HAM.

“Saya tidak mau berdebat, kita tarik diri dari Pansus karena Fraksi PDI Perjuangan melihat kebijakan penataan kawasan kumuh Pemkot Bandung  tidak sesuai lagi dengan amanat yang diberikan kepada Pansus , makanya kita keluar,” terang Folmer. (edi)

Baca Juga:  Awali Liga 1 2020, Persib Gunakan Stadion GBLA