Pakai Masker Bukan Alasan Takut Denda

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG┬áPemerintah Provinsi Jawa Barat telah merampungkan aturan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran virus corona baru, salah satunya kewajiban memakai masker di tempat umum dengan sanksi denda Rp100-150 ribu. Aturan tersebut akan diberlakukan mulai 27 Juli mendatang.

Pemberlakuan protokol kesehatan itu seharusnya dijalankan sesuai aturan. Untuk itu, Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung Rizal Khaerul mengimbau agar masyarakat lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, seperti salah satunya penggunaan masker.

Masyarakat juga harus memiliki kesadaran pentingnya menggunakan masker bukan karena takut denda dan sanksi yang akan diberlakukan. Namun harus dilakukan untuk kesehatan dirinya dan orang lain.

“Penggunakan masker, jangan karena alasan takut denda. Namun sebuah kewajiban untuk mangantisipasi, menjaga, dan memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Rizal, saat dihubungi, Senin (13/7/2020).

Rizal menilai, kebijakan tersebut sangat baik untuk mengurangi resiko penularan. Namun demikian, dia mengingatkan sebuah kebijakan

Baca Juga

harus berbanding lurus dengan seberapa besar upaya sosialisasi dan edukasi yang telah dilakukan terkait pemberlakuan kebijakan tersebut.

“Kesadaran masyarakat untuk memakai masker sudah cukup baik, hanya memang masih ada beberapa yang terlihat tidak menggunakan masker saat di tempat umum. Jangan sampai kondisi ini berkelanjutan dan menyebabkan masyarakat lain yang sudah disiplin menggunakan masker ikut berpikir bahwa pandemi ini sudah berakhir dan tak perlu memakai masker maupun pelindung diri,” pungkas politisi Partai Golkar ini. (edi)

Related posts