Friday , 29 May 2020
Home » Nasional » Mendagri: Pemukiman Puncak Bogor Penyebab Banjir Jabodetabek

Mendagri: Pemukiman Puncak Bogor Penyebab Banjir Jabodetabek

Puncak Bogor

JABARTODAY.COM, JAKARTA — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menilai banjir yang melanda kawasan Jabodetabek beberapa hari yang lalu diakibatkan ada persoalan serapan air pada bagian hulu, dalam hal ini di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.

Tito mengatakan, banyak lahan di wilayah Puncak sudah berubah menjadi pemukiman. Padahal, wilayah tersebut merupakan daerah utama resapan air hujan.

“Daerah Puncak Bogor, area untuk menangkap air rata-rata sudah menjadi pemukiman, tanaman-tanaman yang tidak mampu menyerap air, yang tidak memiliki kemampuan menyimpan air laut menjadi air tanah,” kata Tito dalam keterangan resminya, Senin (6/1/2020).

Tito memandang wajar bila air hujan yang turun di Bogor tak langsung meresap ke tanah, melainkan langsung mengalir ke daerah-daerah yang rendah karena minimnya area serapan.

“Itu juga yang mengakibatkan banjir di daerah masuk ke jalan-jalan termasuk jalan tol,” katanya dikutip CNNIndonesia.com.

Tito juga meminta seluruh pemda memerhatikan anggaran dan membuat strategi pemetaan anggaran terkait penanganan dan pencegahan potensi bencana.*