Lestarikan Lingkungan PDIP Lakukan Penanaman Pohon dan Penebaran Benih Ikan

  • Whatsapp
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bandung Achmad Nugraha menebar benih ikan di Sungai Cikapundung, Minggu (31/1/2021). (jabartoday/eddykoesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Peradaban sungai adalah kehidupan manusia berbudaya yang berbasis di sekitar sungai. Salah satunya, sungai menyediakan pasokan air untuk kehidupan masyarakat sekitar, juga membuat ikan bisa berkembang biak dan lahan untuk tanaman tumbuh subur.

“Selain orang-orang dalam peradaban sungai bisa menangkap ikan lingkungan ekosistem terjaga dan terpelihara,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bandung Achmad Nugraha, usai melepas benih ikan dan menanam pohon di Teras Sungai Cikapundung, Kota Bandung, Minggu (31/1/2021).

Penebaran benih ikan dan penanaman pohon di Teras Cikapundung (BBWS Cikapundung-red) Kota Bandung ini merupakan kegiatan pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh PDI Perjuangan, serempak di Jawa Barat.

Achmad Nugraha yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Bandung ini menjelaskan kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan serta memupuk jiwa rasa tanggungjawab masyarakat dalam kebersamaan, serta persatuan dan kesatuan antara seluruh pihak yang berpartisipasi.

“Dengan ditebarnya benih ikan, secara tidak langsung ikut menjaga kelestarian ekosistem daerah aliran sungai,” ungkapnya.

Baca Juga

Achmad menerangkan, penataan Sungai Cikapundung memiliki sejarah yang lekat dengan PDI Perjuangan. Pasalnya, kader partai moncong putih yang pernah menjadi wakil walikota Bandung periode 2008-2013, Ayi Vivananda, menginisiasi program Cikapundung Bersih di masa pemerintahannya.

“Kita ingatkan, bahwa Cikapundung memiliki hubungan emosional dengan masyarakat kota Bandung. Karena kondisi Cikapundung sangat memengaruhi pola hidup masyarakat disepanjang aliran suangan yang bermuara ke Citarum ini. Oleh karena itu, menjaga Cikapundung harus dari hulu ke hilir. Sungai ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Bandung,” ucapnya.

Belakangan kondisi Cikapundung mulai kotor kembali. Untuk itu, Achmad meminta Pemerintah Kota Bandung untuk kembali mengurus sungai tersebut.

“Terus menjaga kebersihan Cikapundung, memberi manfaat bagi masyarakat. Sejarah membuktikan bersihnya Cikapundung cermin kepedulian semua pihak termasuk penyelenggara pemerintahan di kota Bandung,” serunya.

Sementara itu, terkait penanaman pohon Achmad menjelaskan tujuan kegiatan penanaman pohon ini juga dalam mengisi rangkaian HUT ke-48 PDI Perjuangan. Dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan seluruh elemen partai.

“Bersama-sama kami menggelar aksi nyata untuk kelestarian lingkungan salah satunya adalah penanaman pohon pada hari ini. Ini program yang sangat membanggakan bagi kami untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon,” sebutnya.

Achmad dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasinya dan mengungkapkan rasa bangganya kepada jajaran partai. Diungkapkannya, Ini membuktikan bahwa semua elemen partai serta sayap partai peduli dengan baik terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistemnya.

“Dengan menanam pohon dan menjaga kelestarian lingkungan, nanti ada yang bisa kita wariskan kepada generasi selanjutnya,” ungkap Achmad.

Ditempat sama, Wakil Wali Kota Bandung periode 2008-2013, Ayi Vivananda mengatakan, penanaman pohon ini menjadi upaya menjaga sungai sebagai etalase kota. Selain itu, diutarakan dirinya, sungai merupakan wajah peradaban suatu daerah.

“Jadi ini bukti komitmen kami dalam menjaga basis peradaban dan pusat kehidupan manusia. Ini juga dalam rangka mengajak dan mengadvokasi masyarakat untuk terus menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Selain itu, penanaman pohon juga guna mencegah bencana hidrometeorologi, seperti banjir. Apalagi, kata dia, kerusakan lingkungan tak lepas dari campur tangan manusia.

“Kita harus memuliakan sungai sebagai basis pusat kehidupan manusia. Jangan lagi ada penebangan pohon, jangan lagi ada trotoar yang dicor, karena itu salah satu yang menyebabkan banjir. Mari kita mulai untuk melestarikan lingkungan dengan tidak merusak tata ruang wilayah,” tegas Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini. (*)

Related posts