Komitmen Aher: Renovasi 100 Ribu Gubuk

  • Whatsapp
Calon Gubernur Jawa Barat petahana Ahmad Heryawan ikut merenovasi gubug milik pasangan Juki-Amah di Karawang, Rabu (13/2).

JABARTODAY.COM – KARAWANG

Calon Gubernur Jawa Barat petahana Ahmad Heryawan dalam kampanye di Kabupaten Karawang, Rabu (13/2), menegaskan salah satu bentuk komitmennya kepada masyarakat miskin, yakni merenovasi 100 ribu gubuk warga miskin.

Aher, yang berpasangan dengan Deddy Mizwar, menggelar kampanye simpatik di RT 15/14, Kampung Anjun Kaler, Desa Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat. Di sini, Aher ikut membantu pekerja bangunan yang memulai renovasi gubuk keluarga miskin milik pasangan Juki-Amah.

Aher menyebut, renovasi rumah tidak layak huni bukan program baru. Di akhir 2012, Pemprov Jabar di bawah kepemimpinannya telah merenovasi 10 ribu gubuk. Anggaran renovasi rata-rata Rp 10 juta/unit.

“Jadi komitmen pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar memperbaiki 100 ribu rumah tidak layak huni bila, Insya Allah, kembali dipercaya rakyat,” ujar Heryawan.

Untuk target renovasi 100 ribu unit gubuk, dikatakan Aher, pemprov menyiapkan dana sekitar Rp 1 triliun. Untuk memaksimalkan hasil akhir program, pemprov akan menggandeng Kementerian Perumahan dan pihak swasta.

Aher menandaskan, program renovasi gubuk keluarga miskin direncanakan digelar di pemukiman kumuh secara merata di seantero Jabar. Dengan terkonsentrasi di satu kawasan, jelas Aher, dana yang dialokasikan lebih maksimal.

“Nantinya dibuatkan MCK (mandi, cuci, kakus) umum. Sementara infrastruktur jalan bisa memanfaatkan program dinas terkait,” imbuhnya. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts