Thursday , 21 November 2019
Home » Sosok » “Jabatan Ketua HIPMI Seksi”

“Jabatan Ketua HIPMI Seksi”

Raja Sapta Oktohari (erwin adriansyah)
Raja Sapta Oktohari
(erwin adriansyah)

JABARTODAY.COM – BANDUNG
Tidak heran, apabila tidak sedikit pengusaha muda yang berkeinginan menempati posisi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Pasalnya, posisi sebagai ketua umum organisasi yang berusia 4 dekade lebih itu tergolong seksi.

Ketua Umum Dimisioner BPP HIPMI, Raja Sapta Oktohari, di Board Room 2 Trans Hotel Luxury, Jalan Gatot Subroto Bandung, Rabu (14/1), mengatakan, keuntungan sebagai Ketua Umum BPP HIPMI tidak hanya dalam hal bisnis. Akan tetapi, lanjutnya, juga secara politis.”Seksi. Posisi ketua umum itu sangat seksi. Soalnya, banyak keuntungan apabila menjabat Ketua Umum BPP HIPMI,” tandas Okto, sapaan akrabnya.

Dia mengungkapkan, selama menjabat, yaitu periode 2011-2014, jaringan kian kuat dan terbuka. Organisasi tersebut pun, ujarnya, membuat jaringan menjadi lebih luas. Pasalnya, jelas dia, pihaknya mampu berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan banyak kalangan pengusaha asal berbagai negara.

Tidak itu saja, lanjutnya, HIPMI pun membuatnya dapat berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan kalangan birokrat. Salah satu contohnya, ucap dia, pria bertubuh tegap ini menerima undangan Presiden Republik Indonesia (RI) periode lima tahun lalu, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hebatnya, seru dia, undangan itu dia terima hanya 2 hari pasca resmi menjabat Ketua Umum BPP HIPMI. Bahkan, Okto mengaku sempat diajak SBY menghadiri ajang G-20. “Ini adalah momen yang luar biasa,” tuturnya.

Keseksian posisi Ketua Umum BPP HIPMI lainnya, imbuh Okto, yaitu keterlibatannya dalam penyusunan regulasi, yaitu Peraturan Presiden. Satu di antaranya, ucap dia, berkaitan tentang Pengusaha Pemula, yang hingga kini, masih dalam pengkajian dan pembahasan.

Soal politik, Okto tidak membantah bahwa banyak pengusaha yang beralih profesi menjadi politisi. Mengenai ada tidaknya rencana untuk menekuni dunia politik pasca tidak lagi menjabat Ketua Umum BPP HIPMI, Okto menegaskan, untuk saat ini, fokusnya hanya pada bisnis. “Sejauh ini, saya tidak berkeinginan untuk masuk dunia politik,” tutupnya. (ADR)