Home » Pendidikan » Ini Cara Darul Hikam Ikuti Perkembangan Zaman Pendidikan

Ini Cara Darul Hikam Ikuti Perkembangan Zaman Pendidikan

JABARTODAY.COM – BANDUNG Perguruan Darul Hikam kembali menyelenggarakan 3rd Darul Hikam Education Conference(DHEC), di Hotel El-Royale Bandung, 4-5 Maret 2020. Acara bertema ‘Arah Baru Pendidikan Indonesia’ ini digelar dalam rangka memeringati Milad Darul Hikam ke-54.

Direktur Perguruan Darul Hikam Ruri B Ramadhanti menerangkan, DHEC merupakan even dua tahunan yang bertujuan memberikan insight baru bagi komunitas pendidikan dan masyarakat yang memiliki concern terhadap dunia pendidikan.

“Selain itu, melalui kegiatan ini kami ingin para pendidik selalu update dan terdepan dengan isu pendidikan terkini yang sangat dinamis mengikuti perkembangan zaman,” ujar Ruri, dalam jumpa pers di Perguruan Darul Hikam, Senin (2/3).

Konferensi ini diselenggarakan dengan menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, founder Sekolah Karakter IHF Sofyan Djalil, founder Rumah Siap Kerja Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Yayasan Darul Hikam Sodik Mujahid, hingga Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika.

“Tahun ini DHEC mengambil lima sub tema, yakni kurikulum inovatif di era disruptif, guru penggerak dalam konsepsi merdeka belajar, revitalisasi manajerial sekolah di era disruptif, penggunaan teknologi pendidikan, dan wajah pendidikan karakter masa kini,” papar Ruri.

Selain itu, event lain yang dilaksanakan dalam rangka Milad DH ke-54 ini adalah DH Run (Darul Hikam Run). Adapun kegiatan yang diselenggarakan, diantaranya fun run, fun walk, pentas seni, bazar, dan senam massal.

“Melalui ajang ini, Yayasan Darul Hikam ingin membangun silaturahmi dengan masyarakat luas yang selama ini telah mendukung kami sebagai institusi pendidikan,” terangnya.

Dia menyebut, peserta kegiatan sejumlah kurang lebih 2000 orang, terdiri dari siswa, guru, karyawan serta jajaran pimpinan Yayasan Darul Hikam, alumni, orangtua, serta keluarga besar lainnya, juga masyarakat umum yang datang dari berbagai komunitas pelari.

Rute lari sejauh lima kilometer di pusat kota Bandung, dimana start dan finis di halaman Gedung Sate (Parkir Barat). Konsep DH Run ini adalah fun run, sehingga hadiah diberikan dalam bentuk doorprize total senilai Rp 80 juta. (*)