Sunday , 17 November 2019
Home » Regional » Heryawan Pimpin Salat Istisqa Ribuan Warga Ciamis

Heryawan Pimpin Salat Istisqa Ribuan Warga Ciamis

Gubernur Heryawan memimpin salat Istisqa di Stadion Galuh, Ciamis, Kamis (4/10) siang. (HUMAS PEMPROV JABAR)

JABARTODAY.COM – CIAMIS

 

Setelah bulan sebelumnya memimpin salat Istisqa halaman di Gedung Sate Bandung, hari ini Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kembali didaulat memimpin salat Istisqa di Stadion Galuh, Ciamis. Salat meminta turun hujan ini diikuti ribuan warga Ciamis.

 

Dalam doanya, pria yang akrab dengan sapaan Kang Aher ini memohon kepada Allah swt agar hujan segera turun di Kabupaten Ciamis. Kang Aher juga mengajak kaum muslimin untuk menggelar salat Istisqa untuk menghindari berlanjutnya kekeringan. Saat ini, kekeringan akibat kemarau terus meluas di seluruh pelosok Jabar, meski belum ditetapkan menjadi darurat bencana.

 

“Dalam Islam, jika terjadi kemarau berkepanjangan, kaum muslimin dianjurkan untuk melaksanakan salat Istisqa sesuai syariat yang telah ditentukan,” ujarnya usai memanjatkan doa.

 

Selain menggelar salat Istisqa, Heryawan juga mengajak warga perbaikan jaringan irigasi, terutama di wilayah yang memiliki irigasi cukup panjang dan besar. “Berdasarkan laporan yang masuk ada sekitar 30 ribu hektare lahan pertanian alami kekeringan dari sekitar satu juta hektare lahan pertanian di Jawa Barat,” ujarnya.

 

“Mudah-mudahan kekeringan segera berakhir dan musim tanam sudah siap dilaksanakan,” tegas Kang Aher. Hal itu diungkapkannya terkait dengan kebijakan musim tanam yang serempak dilakukan pada Oktober ini.

 

Dengan mulai datangnya musim hujan, imbuh Heryawan, para petani sudah mulai dapat menanam. Dengan demikian, ketersediaan pangan serta program ketahanan pangan masyarakat Jawa Barat dapat terus terjaga dengan baik.(HUMAS JABAR/NJP)