Friday , 13 December 2019
Home » Pendidikan » Laboratorium Unpad Belum Tersertifikasi

Laboratorium Unpad Belum Tersertifikasi

Gedung Rektorat Unpad Jatinangor (ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – JATINANGOR

Sekretaris Laboratorium Unpad, Dr. Anni Anggraeni, berharap laboratorium yang dikelola Unpad dapat meraih sertifikat baik dari sisi manajemen maupun laboratoriumnya itu sendiri. Sebab, hasil penelitian yang baik itu akan valid jika laboratorium tempat penelitiannya telah tersertifikasi.

“Dengan adanya laboratorium dan pelatihan ini, dapat menjadi solusi atas masalah yang sering dihadapi para peneliti di Unpad. Para peneliti kita tidak usah mencari sampai harus ke luar negeri untuk mengidentifikasi penelitiannya,” kata Anni, di sela-sela “Workshop Alat Laboratorium dan Aplikasinya untuk Pendidikan dan Penelitian di Unpad”, di Gedung Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS) Unpad, Jatinangor, Selasa (4/10).

Menyinggung penyelenggaraan pelatihan, Anni mengungkapkan, kinerja dan kualitas sebuah alat akan sangat ditentukan oleh penggunanya. Untuk itu, kataq dia, Laboratorium Penelitian Unpad mencoba mensosialisasikan alat-alat baru yang ada di laboratoriumnya dengan menggelar workshop.

Dalam laboratorium itu sendiri, terdapat tujuh alat yang dilatihkan kepada peserta workshop, yaitu Scanning Electron MicroscopeAtomic Absorption SpectrophotometryUV-Visible Spectrophotometry, GC/UPCL-MS (Gas Chromatography/Ultra Performance Liquid Chromatography-Mass Spectrometry), HPLC (High Performance Liquid Chromatography), Anion Analyzer, dan Carbon Sulphur Analyzer.

“Pelatihan ini diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari laboran, dosen, peneliti, dan civitas akademika Unpad,” sebut Anni. (DEDE SUHERLAN)