Gudang Pengecoran PT Pindad Dilalap Si Jago Merah

  • Whatsapp
Kebakaran (Ilustrasi)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Gudang milik PT Pindad yang terletak di Jalan Gatot Subroto terbakar pada Jumat (11/1) sekitar pukul 19.00. Peristiwa itu sendiri sempat membuat masyarakat sekitar panik, termasuk juga warga di daerah Sukapura Kiaracondong.

Ahmad Gojali, yang rumahnya di RT 5/13, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kiaracondong atau terletak 100 meter dari gudang yang terbakar, panik setelah terdengar 1 kali ledakan kuat serta api membumbung dari atap gudang tersebut. “Saya panik. Saya menduga itu gudang senjata atau amunisi, makanya saya bersama warga yang lain langsung menelpon Pemadam Kebakaran Kota Bandung,” ujar Gojali, di lokasi kejadian.

Berdasarkan pantauan, gudang tersebut adalah gudang pengecoran yang terletak di dalam PT Pindad. Petugas pemadam PT Pindad, yang dibantu oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung yang menerjunkan 6 unit mobil pemadam dan 1 unit mobil Rescue ke lokasi kejadian berjibaku memadamkan api yang melalap tempat tersebut.

Setelah berjuang kurang lebih 45 menit, api dapat dipadamkan. Dalam proses pemadaman api, para petugas dibantu penerangannya menggunakan 1 unit mobil panser, karena kondisi gudang gelap gulita.

Menurut seorang petugas pengamanan yang tidak mau disebutkan namanya, lokasi kebakaran adalah Gudang Pengecoran I dan yang terbakar adalah mesin bubut, serta beberapa alat lainnya.

Diduga penyebab kebakaran adalah karena oli terlalu panas, akhirnya meledak. Hal itu didasarkan di sekitar area yang terbakar banyak drum oli dan barang yang mudah terbakar. Selain itu, atap bagian Gudang Pengecoran yang tingginya kurang lebih 10 meter sudah terbuka, diduga akibat ledakan yang terdengar oleh warga sekitar.

Peristiwa tersebut membuat penasaran warga sekitar. Mereka pada keluar rumah dan ingin mengetahui apa yang terjadi. Penjagaan di area PT Pindad sendiri diperketat oleh satuan pengaman yang tampak berjaga di sekeliling. (AVILA DWIPUTRA)

Berita Terkait