DPRD Berikan Waktu Pada Demokrat

DPRD JabarJABARTODAY.COM – BANDUNG

Belum lengkapnya jumlah pimpinan membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Barat menunda pengesahan Panitia Khusus Tata Tertib yang diusulkan partai-partai politik pemenang Pemilihan Umum 2014.

Dikatakan Ketua sementara DPRD Jabar Gatot Tjahyono, pengesahan Pansus Tatib ini sengaja ditunda karena ada salah satu fraksi yang hingga kini belum menentukan pimpinan mereka. “Fraksi Partai Demokrat belum juga memberikan nama pimpinan dewan. Padahal DPRD harus segera mengesahkan hasil Pansus Tatib, sehingga alat kelengkapan dewan terbentuk,” ujar Gatot usai sidang Paripurna di Gedung DPRD Jabar, Kamis (9/10/2014).

Pihaknya, lanjut Gatot, menargetkan pengesahan Pansus Tatib akan segera dilakukan pada bulan ini agar anggota DPRD bisa segera melaksanakan tugasnya. Untuk itu, papar dia, agar menunjang tugas anggota dewan, Alat Kelengkapan Dewan harus segera dibentuk dan disahkan. “Kita akan tetap bekerja berdasarkan laporan dari hasil Pansus dengan melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri, Rabu (15/10/2014) mendatang,” ucap Gatot.

Gatot memberikan tenggang waktu kepada Partai Demokrat untuk segera memberikan nama pimpinan dewan yang telah ditunjuk oleh Dewan Pimpinan Pusat atau sesuai dengan mekanisme partainya. Akan tetapi, tegas Gatot, bila melebihi batas waktu yang telah ditetapkan belum memberikan nama yang akan duduk di pimpinan dewan maka pihaknya akan tetap melakukan kerja anggota dewan dengan mengesahkan Tatib tanpa pimpinan dari Demokrat. “Nanti juga tetap kita jalankan dan akan menyusul dan Kemendagri yang akan mengeluarkan keputusannya sekaligus,” urainya.

Gatot menginginkan agar Pansus Tatib segera disahkan sebelum 20 Oktober. Pasalnya, pada tanggal tersebut, akan berganti pemerintahan dari Susilo Bambang Yudhoyono ke Joko Widodo. “Ya nanti kalau lama lagi malah jadi menghambat yang lainnya. Sedangkan pelantikan presiden juga dilakukan pada tanggal 20. Jadi kalau lewat dari tanggal tersebut dikhawatirkan akan lama lagi,” tandasnya. (VIL)

Related posts