Home » Info Jabar » PPDB Jabar 2020: Daftar Ulang Bisa Dua Cara, Apa Saja?

PPDB Jabar 2020: Daftar Ulang Bisa Dua Cara, Apa Saja?

PPDB Jabar 2020JABARTODAY.COM – BANDUNG Kuota penerimaan SMA negeri pada Penerimaan Peserta Didik Baru 2020 di Jawa Barat untuk tahap I belum seluruhnya terisi. Dari kuota sekitar 190 ribu, baru terpenuhi sekitar 111 ribu, berdasarkan hasil pengumuman PPDB 2020, Senin (22/6/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi menerangkan, pada tahap I ini sebanyak 50 persen berasal dari jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan.

“Dari pendaftar sekitar 204 ribu, tidak semua kuota terisi, ada 16,2 persen kuota yang belum terpenuhi, dan akan dilimpahkan ke tahap II,” ujar Dedi, di SMAN 8 Bandung, Senin petang.

Belum terpenuhinya kuota, dijelaskan Dedi, karena adanya sekolah yang pendaftarnya berlebih. Di sisi lain, ada sekolah maupun jurusan yang peminatnya minim, khususnya di SMK.

“Namun jangan khawatir, karena akan difasilitasi pada tahap II. Jadi pada tahap II bukan kuota penuh, melainkan yang 16 persen tadi,” tukas Dedi.

Di sisi lain, dirinya menekankan, jika pendaftaran ulang bisa dilakukan melalui dua cara, yakni daring (online) dan luring (offline). Hal ini mengingat pandemi Covid-19 belum berlalu, sehingga kesehatan menjadi sesuatu yang utama, khususnya bagi peserta didik.

“Masyarakat tinggal memilih, apakah via daring atau luring. Kalaupun datang langsung, sekolah sudah menyiapkan protokol kesehatan, seperti adanya penyediaan hand sanitizer dan pembatasan orang,” tutur Dedi. (vil)

Baca Juga:  PPDB Jabar 2020 Digelar Secara Online, Ada Empat Jalur Masuk SMA