Home » Peristiwa » Cegah Banjir, Gubernur Tinjau Normalisasi Situ

Cegah Banjir, Gubernur Tinjau Normalisasi Situ

Gubernur Heryawan ikut menebar benih ikan tawes dan nila di Situ Pengasinan, Depok, Selasa (6/11). (HUMAS PEMPROV JABAR)

JABARTODAY.COM – DEPOK

 

Selasa (6/11) siang, kawasan Situ Pengasinan, Depok, tampak tak seperti biasanya. Para petani-peternak ikan berkumpul menyambut kedatangan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Orang nomor satu di Jabar yang akrab disapa Kang Aher ini meninjau program normalisasi situ yang ada di Kecamatan Bojongsari, Depok. “Ya, kita normalisasi dulu. Kalau mangkoknya mengecil dan rusak kan gak bisa tampung air. Untuk itu, kita normalisasi dulu biar bisa atasi banjir,” jelas Kang Aher.

 

Dalam upaya pencegahan banjir program normalisasi juga bukan hanya untuk situ, tapi juga sungai dan waduk. “Termasuk kita akan bangun bendungan di Ciawi,” jelasnya. Dalam kesempatan itu Kang Aher menaiki rakit melihat langsung proses normalisasi, terutama beberapa pendangkalan dan timbunan di tepi Situ. Bagi pemerintah provinsi Jabar normalisasi situ bukan hanya untuk pencegahan banjir, tapi juga untuk pemberdayaan ekonomi. “Ini akan sangat bermanfaat bagi kelancaran imigrasi, dan peternak ikan di sini,” jelasnya.

 

Usai menebar benih sekitar 50 ribu ikan tawes dan nila di Situ, Kang Aher kemudian mengunjungi Unit Pelayan Pengembangan Perikanan (UPP) Kota Depok di Duren Mekar yang lokasi tidak jauh dari situ. Di UPP Kang Aher berdialog dengan para petani pembibitan ikan air tawar, dan memberikan bantuan 50 paket indukan buat pembibitan. “Kami sangat berterima kasih kepada Kang Aher yang sudah memperhatikan kami. Masalah kami memang pada keterbatasan indukan,” kata Nahrowi, Ketua Kelompok Tani Duren Mekar.(HUMAS PEMPROV JABAR/NJP)