Cara Unik Bagikan Masker, Gendong Bayi Ditengah Ancaman Covid

  • Whatsapp
Foto: istimewa

JABARTODAY.COM – BANDUNG Ada banyak cara untuk membagikan masker gratis. Namun siapa sangka bahwa ternyata, seorang ibu melakukannya ditengah keramaian masyarakat sambil menggendong bayi.

Kreativitas yang dilakukan ibu beranak dua saat membagikan masker hijau sembari menggendong seorang bayi sepertinya biasa-biasa saja. Padahal, tindakannya termasuk cara yang luar biasa.

“Menggendong anak untuk menyiasati kegiatan sosial seraya mengasuh anak bisa berjalan beriringan bukan pekerjaan mudah. Apalagi ditengah tantangan meningginya wabah korona di kota Bandung,” kata anggota DPRD Kota Bandung, Riana, menyikapi viralnya gerakan sosial Ketua Ikatan Wanita Brigaze Indonesia (IWABI), saat dihubungi, Jumat (1/1/2021).

Hal yang dilakukan oleh Ketua IWABI Ucy Gestavo itu, tak direncanakannya. Ia membawa anaknya karena sedang keluar rumah. Meski demikian, kegiatan bakti sosial bagi-bagi masker gratis untuk masyarakat sudah direncanakan jauh-jauh hari. Ini untuk membantu Pemerintah kota Bandung dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Untuk diketahui, terang Riana, peristiwa itu terjadi pada 31 Desember 2020 di Jalan Ibrahim Adjie dan beberapa mesjid. Terselenggaranya bakti sosial tersebut juga berkat dukungan dari Dinas Kesehatan Kota Bandung dan pendampingan dari pegiat sosial  dan PPHI.

Baca Juga

Terpenting, kata Riana, kita tak perlu memperdebatkan sosok Ucy. Dia adalah warga biasa yang tidak dikenal banyak orang. Tapi sudah bisa membuktikan dirinya mau melakukan kegiatan sosial, dengan resiko yang mungkin bagi orang lain tidak mau melakukannya.

Ucy pun sudah mampu sedikit menepis anggapan terhadap organisasi masyarakat yang kerap disebut urakan. Banyak ormas sedang bermetamorfosa menjadi organisasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

“Salam hormat untuk Ucy dan IWABI nya. Mudah-mudahan Mang Oded dan Umi (walikota beserta istri) “tiasa peka kana potensi nu positif sapertos kieu” (dapat peka terhadap potensi yang positif seperti ini),” pungkas Riana.

Sementara itu, ditanya perihal kegiatan bakti sosial bagi-bagi masker gratis sambil menggendong bayi, Ucy mengungkapkan, bahwa hal tersebut diluar perencanaannya. Namun ia merasa dilematis, lantaran tak ingin meninggalkan bayinya sendirian. Tapi ia juga tak bisa membatalkan agenda bakti sosial yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Kemudian, terlintaslah ide itu.

“Bagi-bagi masker sudah menjadi agenda kegiatan sosial IWABI, tapi kalau sambil menggendong bayi itu mah diluar rencana. Terpaksa, tidak ada orang di rumah untuk ngasuh bayi,” ujar Uci.

Ditambahkan Uci, mengendong bayi sambil bagi-bagi masker adalah sebuah dilema. Satu sisi dia menyadari tanggung jawab seorang ibu, disisi lain ada tuntutan tanggung jawab sebagai ketua IWABI sekaligus  penggagas dari kegiatan bakti sosial menekan angka positif corona di Kota Bandung. (*)

Related posts