BMKG: Gempa di Kabupaten Bandung Akibat Aktivitas Sesar Garut Selatan

gempa

JABARTODAY.COM, BANDUNG —  Gempa bumi tektonik berkekuatan 4.0 magnitudo terjadi di wilayah Kabupaten Bandung, Minggu (1/11/2020) malam.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 21.34 WIB terletak pada koordinat 7.20 LS dan 107.60 BT wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Guncangan gempa dirasakan di Majalaya, Ciparay, Baleendah, Banjaran, dan sekitarnya.

Kepala BMKG Wilayah II, Hendro Nugroho menyampaikan, gempa terjadi tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 kilometer tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 5 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, menurut Hendro, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan).

Berdasarkan laporan, gempa itu terasa oleh masyarakat di Kecamatan Pangalengan, Ciparay, Majalaya, dan Baleendah.

“Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” katanya dilansir Antara.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang menanggapi fenomena gempa bumi tersebut. Ia juga meminta masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan mengikuti informasi resmi dari BMKG.

 

Related posts