Pusat Bahasa Turut Menyukseskan GloCoNed 2020

Kepala dan Sekretaris Pusat Bahasa UNIKU Marwito Wihadi, MPd. dan Endang Darsih, M.Pd. menjadi moderator sekaligus juru bahasa (interpreter) pada penyelenggaran 1st GloCoNeD FKIP UNIKU, 27-28 Oktober 2020.

JABARTODAY.COM-KUNINGAN. Pusat Bahasa kembali bersinergi dengan salah satu fakultas di Universitas Kuningan, yakni Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dalam penyelenggaraan 1stGlobal Conference on Education atau GloCoNed 2020. Konferensi ini merupakan forum pertemuan ilmiah pertama yang diselenggarakan di Universitas Kuningan (Uniku). Dihadiri lebih dari 750 perserta dari 9 negara, Indonesia, Filipina, Nepal, Pakistan, North Macedonia, Rumania, Azerbaijan, Bulgaria dan Kroasia, dua moderator dan juru (alih) bahasa dari pusat bahasa, Marwito Wihadi, M.Pd dan Endang Darsih, M.Pd memandu presentasi virtual empat pembicara (Plenary Speakers) dari empat negara berbeda secara bergantian: Ulana Pidzamecky dari Kanada), Prof Sukree Langputeh, Ph.D. dari Thailand, Dr. Sana Lasari Anwar dari Pakistan yang juga dosen UUM dan Dr. Iskandar Hasan dari UNIKU, Indonesia.

“Pusat Bahasa UNIKU siap membantu semua civitas akademika yang ada Uniku dalam mengembangkan diri sisi kebahasan baik secara personal atau kelembagaan. Kami bersyukur diminta FKIP menjadi moderator sekaligus juru bahasa pada konferensi internasional ini. Sebagai bagian dari keluarga besar Universitas Kuningan, kami tentu merasa bangga secara maksimal dan profesional bertanggung jawab membantu menyukseskan kegiatan ini,” tutur Marwito Wihadi, Kepala Pusat Bahasa Uniku kepada Jabartoday.com, Rabu (28/10/2020).

Dekan FKIP, Dr. Yeyen Suryani, M.Si dan Ketua pelaksana 1stGlobal Conference on Education atau GloCoNed 2020, Dadang Solihat, M.Pd. BI. mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan kebahasaan yang diberikan Pusat Bahasa. Menurut mereka sinergi yang kompak antar lembaga dan fakultas memang menjadi salah satu kunci keberhasilan terwujudnya sebuah rencana besar, sehingga FKIP dan Uniku akan dikenal secara global.

Marwito yang juga pengurus nasioanal Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA) menegaskan bahwa Pusat Bahasa selalu memiliki antusiasme besar untuk selalu terlibat secara aktif dari sisi kebahasaan dalam pengembangan Universitas Kuningan. “Pusat Bahasa adalah salah satu anggota keluarga dari keluarga besar Uniku. Oleh karena itu, saling dukung antar anggota keluarga sesuai tugas pokok dan fungsi adalah sebuah keniscayaan.” pungkasnya. (pusbah)

Related posts