5 Daerah di Jabar Dapat Rapor Ciamik dalam Tangani Covid-19

Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jawa Barat Ridwan Kamil, saat memimpin rapat koordinasi, di Mapolda Jabar, Senin (2/11/2020). (jabartoday/avila dwiputra)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut ada lima daerah yang menangani pandemi dengan baik. Yakni, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kota Cirebon.

Penilaian itu berdasarkan sejumlah indikator, seperti pelacakan (tracking), penelusuran (tracing), pengetesan (testing), treatment, tata kelola, dan lainnya.

“Masih ada tujuh kabupaten/kota yang kinerjanya dalam penanganan Covid-19 masih dibawah rata-rata,” ujarnya, usai rapat koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jawa Barat, di Markas Polda Jawa Barat, Senin (2/11/2020).

Dalam kesempatan itu, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, memaparkan, jika pihaknya melakukan tes cepat (rapid test) terhadap para wisatawan saat libur panjang dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hasilnya, dari sekitar 14 ribu orang yang dites, 408 diantaranya menunjukkan reaktif virus corona baru.

“Kami langsung lakukan swab test (tes usap) kepada mereka yang reaktif. Saat ini hasilnya belum keluar dan kita masih menunggu,” ucap Emil.

Baca Juga

Tak hanya itu, Emil pun mengklaim, perekonomian di Jabar membaik walaupun pandemi belum sepenuhnya berlalu. Hal ini tampak dari angka ekspor yang meningkat, daya beli masyarakat yang mulai membaik. Perbaikan luar biasa, diungkap dia, berasal dari sektor angkutan dan komunikasi yang angkanya menyentuh 47 persen.

“Karena semua bergerak menggunakan digital, maka ekonomi di sektor ini paling besar,” ungkap Emil yang juga Gubernur Jabar ini. (*)

Related posts