Home » Spektakuliner » Soto Bogor, Kuliner Berkolesterol Rendah

Soto Bogor, Kuliner Berkolesterol Rendah

Para pengunjung sedang menikmati sajian soto Bogor di warung yang berlokasi di Jalan Sukanegara 19 Bandung. (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

Para pengunjung sedang menikmati sajian soto Bogor di warung yang berlokasi di Jalan Sukanegara 19 Bandung. (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Bagi anda yang telah merasakan kuliner asli Indonesia seperti soto Betawi maupun soto Bandung, anda harus mencoba sensasi lain, yaitu soto Bogor. Mirip dengan soto Betawi, namun soto Bogor memiliki kandungan isi yang berbeda dari sejawatnya tersebut.

Seperti dikatakan Agus Riyanto (42), sang penjual, meski bahan dasar pembuatannya sama seperti santan, soto Betawi menggunakan minyak samin sedangkan soto Bogor memakai susu. “Kalau soto Betawi isinya daging dan jeroan. Sedangkan, soto Bogor isinya kulit, daging kepala, dan kaki sapi,” ujar Agus.

Agus menegaskan, soto Bogor memiliki kolesterol paling rendah dibanding makanan sejenis lainnya. Hal itu dikarenakan, bahan yang digunakan bukanlah daging yang memiliki lemak tinggi seperti jeroan. Apalagi soto Bogor yang dijajakannya dilengkapi potongan tomat dan kentang.

Agus yang berduet dengan Erwin Adriansyah ini dalam membangun bisnisnya, menyebut, di Jakarta sendiri soto Bogor telah menjadi makanan favorit. Ia mengaku, di Bandung sendiri masyarakat masih belum familiar. “Ada 2 jenis soto Bogor, yakni soto kuning dan soto mie. Yang kita jual soto kuning,” ucap Agus.

Agus sendiri mengenal soto asal Kota Hujan tersebut sejak 2010 dan sempat berjualan. Namun, dikarenakan satu dan lain hal, ia berhenti dan baru tahun ini atau tepatnya akhir Januari 2014, Agus kembali berjualan soto Bogor.

1 porsi soto Bogor plus nasi dibanderol Rp 18.000, itu terbayar dengan kelezatan yang dihasilkan dari perpaduan kulit, daging kepala, kaki sapi, tomat, dan kentang belum ditambah sambal yang membuat cita rasa makanan semakin mantap.

Anda tertarik mencoba makanan berkolesterol rendah ini? Datang saja ke Jalan Sukanegara 19, yang buka pukul 10.00-22.00. Tak hanya menikmati kuliner cita rasa tinggi dan menyehatkan, Anda akan disambut keramahan sang pemilik warung. Selamat mencoba! (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.