Pramuka Diajak Aktif dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Sekda Jabar yang juga Sekretaris Majelis Pembimbing Kwarda Gerakan Pramuka Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, saat membuka Rakerda Gerakan Pramuka Jabar 2021 di Hotel Grand Preanger, Kota Bandung, Minggu (11/4/2021). (foto: humas jabar)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Sekretaris Majelis Pembimbing Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengajak pramuka terlibat aktif dalam penanganan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menyosialisasikan program vaksinasi secara masif.

Hal ini disampaikan dirinya saat membuka Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Jabar 2021, yang bertema Pramuka Berbakti Tanpa Henti dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Pramuka Jabar Juara, di Hotel Grand Preanger, Kota Bandung, Minggu (11/4/2021).

Jika Gerakan Pramuka turun tangan, kata Setiawan, vaksinasi Covid-19 di Indonesia, khusus Jabar, dapat berjalan optimal.

“Kalau kita melihat jumlah yang akan divaksinasi di Jabar, total diangka 35 juta. Kalau kita tidak bisa mengakselerasi vaksinasi, kita mungkin akan selesai tahunan. Di sinilah perlu terobosan-terobosan termasuk kami pun mengimbau supaya Gerakan Pramuka sebagai Gerakan Nasional agar bisa membantu mengakselerasi,” ujarnya.

Setiawan pun menekankan, kegiatan kepramukaan dapat tetap berlangsung meski dalam situasi pandemi virus corona. Syaratnya, protokol kesehatan harus diterapkan dengan ketat. Kegiatan kepramukaan pun dapat dilakukan secara virtual.

Berita Terkait

“Tantangan di masa pandemi Covid-19 terhadap kegiatan Pramuka. Pertama mau tidak mau kegiatan yang dilaksanakan harus melaksanakan protokol kesehatan,” cetus Sekretaris Daerah Jabar.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar Atalia Praratya Kamil memaparkan pentingnya Rakerda Gerakan Pramuka Jabar 2021, yakni sebagai langkah pengendalian operasional dan forum penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan sebelumnya.

“Serta penyusunan program kerja tahun yang akan datang,” jelas Atalia.

Dia berpandangan, Gerakan Pramuka menjadi wadah pembinaan yang sangat strategis dalam mencetak generasi unggul di masa depan.

“Kwarda Jabar berharap seluruh jajaran pengurus dan anggota pramuka bahu-membahu, terlibat secara aktif, produktif, solutif, serta beradaptasi menjadikan gerakan pramuka di Jabar terdepan di Indonesia,” ucapnya.

Dalam Rakerda, dikemukakan dia, langkah penguatan dan pengembangan kembali program-program kepramukaan yang sudah ada, seperti Pramuka Peduli, akan dikuatkan. Pihaknya secara kolaboratif juga tengah menggarap situs Pramuka untuk seluruh jejaring, sebagai upaya menjawab tantangan zaman yang kompleks dan go digital.

Sejalan dengan itu, Gubernur Jabar menggelorakan semangat Pramuka ke seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya dengan terbitnya Peraturan Gubernur Nomor 15 Tahun 2021 tentang penggunaan seragam pramuka setiap tanggal 14 bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jabar.

“Pramuka Jabar tidak akan jadi apa-apa kalau kita tidak bergerak harmonis, humanis, dan berkolaborasi dengan manis. Seluruh elemen jejaring pramuka mari membuat harmonisasi keindahan dengan tujuan menghadirkan generasi unggul melalui Gerakan Pramuka,” imbuhnya.

Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo mengungkap, Gerakan Pramuka berusia 60 tahun pada 2021. Terhitung sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka.

Bertepatan dengan HUT Gerakan Pramuka tersebut, tema besar Berbakti Tanpa Henti, bermakna bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap sedia untuk berbakti sampai kapanpun.

Bachtiar pun menaruh harapan agar Rakerda Gerakan Pramuka Jabar dapat merumuskan program yang optimal, dan terintegrasi dengan baik.

“Maka harapan saya, Ketua Kwarda Jabar dapat menjadikan organisasi Kwartir dengan baik. Seluruh andalan dan staf harus bertekad untuk membantu Ketua Kwarda dalam berbagai kepengurusan Kwartir. Terkait kegiatan kepramukaan, Kwarda Jabar perlu memikirkan dengan seksama pelaksanaan khususnya bila dimungkinkan pertemuan tatap muka, maka kegiatan harus dilakukan protokol kesehatan yang ketat,” paparnya.

Bachtiar juga mengapresiasi tagline Pramuka Jabar Juara. Dia berharap spirit tersebut dapat wujudkan manusia juara yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur melalui pembimbingan di Gerakan Pramuka. (*)

Related posts