Home » Headline » Gunung Papandayan Berstatus Siaga

Gunung Papandayan Berstatus Siaga

papandayanJABARTODAY.COM – BANDUNG

Gunung Papandayan yang terletak di Kabupaten Garut statusnya dinaikkan menjadi siaga pada Minggu (5/5). Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi langsung menaikan status waspada menjadi siaga, diakibatkan semakin tingginya aktivitas vulanik gunung tersebut. Hal tersebut disampaikan Kepala PVMBG, Surono.

“Mengingat kegempaan vulkanik dan tektonik lokal secara intensif, akhirnya mulai pukul 12.00, terhitung tanggal 5 Mei 2013, status Papandayan dinaikan dari waspada menjadi siaga,” ujar Surono saat dihubungi melalui telepon.

Berdasarkan data yang diterima dari PVMBG mulai Sabtu (4/5), aktivitas gunung Papandayan terus meningkat dan aktivitas vulkaniknya sejak kemarin tercatat, sejak pukul 18.00 hingga 24.00, gunung tersebut menunjukan 69 kali gempa tektonik lokal dan 1 kali gempa tektonik jauh. Lalu, 20 kali gempa vulkanik dangkal, serta 4 kali gempa vulkanik dalam.

Semenjak pukul 00.00 WIB (Minggu pagi) hingga pukul 06.00, kegempaannya tercatat menjadi 60 kali gempa tektonik lokal dan 10 kali gempa vulkanik dangkal dan terhitung dari pukul 06.00 hingga pukul 10.35, tercatat ada 40 kali gempa tektonik dan 8 kali gempa vulkanik dangkal.

Dengan dinaikannya status siaga ini, PVMBG pun merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 2 kilometer dari puncak gunung Papandayan. “Ini demi keselamatan masyarakat banyak,” imbaunya. (VIL)

Komentar

komentar