Home » Ekonomi » Jabar Segera Miliki Klaster Sapi

Jabar Segera Miliki Klaster Sapi

sapi kurbanJABARTODAY.COM – BANDUNG

Seiring dengan perkembangan, tingkat konsumsi pun mengalami peningkatan. Hal itu pun terjadi pada tingkat kebutuhan sapi. Namun, sejauh ini, ketersediaan sapi di Jawa Barat, utamanya, lokal, masih belum mampu memenuhi kebutuhan. Karenanya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, impor menjadi opsi.

Guna meningkatkan produksi sapi Jabar, beberapa elemen di tatar Pasundan menyusun rencana. Satu diantaranya, Bank Indonesia Kantor Wilayah VI Jabar-Banten. Otoritas perbankan tertinggi tersebut berencana membangun klaster sapi.“(Daging) sapi merupakan satu di antara sekian komoditi yang menjadi pemicu inflasi di Jabar. Karena itu, kami bersiap membangun klaster sapi. Itu  sebagai upaya mengendalikan laju inflasi sebagai efek kenaikan harga daging sapi,” tandas Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI, Nita Yosita, Selasa (19/11).

Berdasarkan rencana, ungkap Nita, kawasan Jabar Timur menjadi lokasi pembangunan klaster tersebut. Itu karena, jelasnya, kawasan itu tergolong cocok dan tepat sebagai titik pembangunan klaster tersebut.

Supaya hasilnya lebih optimal, Nita mengakui bahwa pihaknya belajar kepada Jatim. Dasarnya, terang dia, populasi sapi di provinsi paling timur Pulau Jawa itu termasuk tinggi. Selain itu, tambahnya, Jatim pun tergolong provinsi terunggul dalam hal pengembangan teknologi yang berkenaan dengan peternakan sapi. “Misalnya, industri pengolahan, tidak hanya bakso, tetapi juga sosis, nugget, dan sebagainya. Artinya, Jatim membangun dan mengembangkan persapian mulai hulu sampai hilir,” papar Nita.

Jika rencana itu terealisasi, tegasnya, artinya, sapi menjadi pilot project pengembangan beberapa klaster lain di 6 wilayah Jabar, yang dibangun BI sejak 2007. “Perkembangan klaster juga berdasarkan peningkatan akses kredit UMKM kepada perbankan,” tutup Nita. (VIL)

Komentar

komentar