Home » Bandung Raya » PT KAI Batal Eksekusi Lahan

PT KAI Batal Eksekusi Lahan

PT Kereta Api Indonesia (Persero)

PT Kereta Api Indonesia (Persero)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Untuk meningkatkan pelayanan, berbagai upaya terus dilakukan jajaran PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional II Bandung, diantaranya melalui penertiban bangunan yang diduga kuat berdiri pada lahan milik lembaga BUMN tersebut, seperti kios-kios.

“Kami memang berencana untuk melakukan penertiban kios-kios dan permukiman di sekitar Jalan Stasiun Barat,” ujar Kepala Humas PT KAI Daops II Bandung, Jaka Jarkasih, saat dihubungi, Sabtu (21/9).

Jaka menyatakan, penertiban itu bukan tanpa dasar, karena pihaknya sendiri telah memberikan peringatan kepada mereka yang mendirikan bangunan serta kios pada lahan milik PT KAI. “Sosialisasi sudah kami lakukan. Kami pun menunjukkan surat kepemilikan lahan kepada mereka,” lanjut Jaka.

Bahkan, diutarakan Jaka, pihaknya beberapa kali mengirimkan surat peringatan yang meminta mereka mengosongkan lahan. Akan tetapi, sesalnya, surat tersebut tidak diindahkan.

Namun, eksekusi pengosongan lahan yang semula berlangsung Jumat (20/9), mengalami pembatalan. Pembatalan ini, diakui Jaka, merupakan yang kelima kalinya. Kali ini, kilah Jaka, pembatalan itu karena adanya permintaan Komisi A DPRD Kota Bandung untuk menunda eksekusi. “Permintaan itu mencuat pasca adanya audensi antara warga dan lembaga legislatif tersebut beberapa waktu silam,” terang Jaka.

Di balik penundaan eksekusi itu, tambah Jaka, pihaknya pun menunggu hasil pemeriksaan data, dokumen, serta sertifikat PT KAI yang dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Apabila badan tersebut mengumumkan bahwa dokumen-dokumen itu sah milik PT KAI, pihaknya segera mengeksekusinya.

Jika eksekusi kawasan, yang saat ini, terdiri atas 24 lapak kios dan 27 permukiman itu terealisasi, ungkapnya, PT KAI memiliki rencana lain, yaitu membangun lahan parkir. “Itu merupakan bagian peningkatan sistem pelayanan kami,” tandas Jaka. (VIL)

Komentar

komentar